HJB ke 693, A. Fahsar Padjalangi: Andi Amran Berkontribusi Besar Terhadap Kemajuan Bone

Berita628 Dilihat

KABARIKA.ID BONE-
Bupati Bone, H.A Fahsar M Padjalangi memuji kontribusi besar Andi Amran Sulaiman terhadap kemajuan Kabupaten Bone.

Bupati Fahsar menegaskan hal tersebut saat menyampaikan sambutan pada Hari Jadi Bone (HJB) ke 693 di Lapangan Merdeka, Watampone, Sabtu (6/5/2023).

“Selama menjabat Menteri Pertanian, sangat besar sumbangsih bapak Andi Amran Sulaiman untuk Kabupaten Bone,” kata H.A. Fahsar

Founder Tiran Group, Andi Amran Sulaiman yang selama ini konsen pada kerja-kerja sosial dan peningkatan ekonomi masyarakat ikut menyaksikan prosesi adat Mattompang Arajang sebagai puncak HJB.

Mattompang Arajang atau pencucian benda pusaka kerajaan Bone adalah proses yang menandai puncak Hari Jadi Bone (HJB) yang dilaksanakN setiap tahun.

Andi Amran Sukaiman adalah menteri Pertanian era Kabinet Kerja Jokowi (2014-2019) tiba di rumah jabatan Bupati Bone, sekira pukul 09.30 Wita.

Kemudian bersama rombongan tamu VVIP lainnya, Andi Amran Sulaiman menuju podium Lapangan Merdeka tempat berlangsungnya acara prosesi Mattompang.

AAS duduk dikursi paling depan, diapit Wakil Bupati Bone, H.A. Fahsar Padjalangi, Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang dan Wabup Ambo Dalle.

Ketua Umum IKA dan Founder PT. Tiran pada HJB 693 di Bone (6/5/2023). Foto: ist/kabarika

Sebelum prosesi Mattompang Arajang digelar, terlebih dahulu pengunjung disuguhkan tarian kolosal yang menceritakan kejayaan Kerajaan Bone pada masa lampau.

Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi dalam sambutannya sempat memuji kontribusi besar Andi Amran terhadap kemajuan Bone.

Sebelumnya, pada Halal bi Halal Keluarga Besar KKM Bone dan Wija to Bone se-Sulsel di AAS Building, Makassar, Minggu (1/5/2023) malam Bupati menyatakan Andi Amran adalah sosok generasi yang penuh harapan.

“Wajar kalau kita dorong kembali orang Bone. Siapa the next JK, adalah Pak Amran Sulaiman. Punya kemampuan, kualitas dan perhatian besar khususnya terhadap orang Bone,” tegasnya.

Melihat dari kapasitas, kemampuan, rekam jejak, Amran dianggap sangat layak dijuluki the next Jusuf Kalla.

“Jadi kalau ada yang bertanya siapa tokoh yang disebut the next JK, maka sudah bisa menjawabnya,” kata Bupati.

Di hadapan tokoh dan masyarakat Bone malam itu Fahsar menegaskan Bone adalah negeri para menteri. Artinya dari wilayah yang salah satu terluas di Sulsel ini melahirkan banyak tokoh yang berkontribusi untuk bangsa dan negara di eranya masing-masing.

Bone harus kita jaga sebagai daerah punya sejarah. Bone pemegang hegemoni kerajaan terakhir, kita sentra budaya, adat bugis. Bone the soul of bugis. Kita harus jaga ini, lestarikan ini,” sambung Fahsar.

Ketua Umum IKA Unhas, Andi Amran pada Kamis (4/5/2023) telah
meninjau stand pameran pembangunan di Terminal Petta Ponggawae, Kelurahan Bulu Tempe Kecamatan Tanete Riattang Barat.

Di Stand milik Dinas Perindustrian, Andi Amran memborong 10 buah songkok recca yang kemudian dibagi-bagikan ke pengunjung yang ada di lokasi.

Founder PT. Tiran bersama putra sulungnya, Andi Amar Sulaiman di Bone, saat meninjau pameran pembangunan dalam rang HJB 639 di Bone, Kamis (4/5/2023). Foto: ist/kabarika

Usai meninjau stand Dinas Perindustrian, Andi Amran didampingi bupati dan sekkab kemudian santap siang di stand milik Dinas TPHP. Ada konro, kepiting, ikan bakar yang sudah tersaji di meja.

Kepada wartawan, AAS mengaku mengapresiasi gebrakan Pemda Bone, yang menghidupkan UMKM melalui pameran pembangunan.

“Saya kira ini patut kita apresiasi. Ini tanda keseriusan Pemda bagaimana UMKM di Bone ini bisa hidup,” ucapnya.

Ia mengatakan UMKM ini perlu pembinaan khusus, termasuk produknya.

“Ada tadi makanan, ada menarik juga di peternakan, ada pakan. Ini sangat bagus, jangan dikuasai oleh orang tertentu,” tegasnya.

Andi Amran menegaskan, kalau UMKM dihidupkan, yang menikmati orang banyak karena bersifat padat karya.

Ketua IKA Unhas menghadiri HJB ke 693 gahun 2023 bersama putra sulungnya Andi Amar Ma”ruf Sulaiman bersama Pengurus Pusat IKA Ilham Rasyid. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *