Disnakertrans – PKK Sulsel Latih UMKM Tingkatkan Produktivitas

Di Sulsel, Jumlah UMKM 1,5 juta.

Berita811 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR–Selama lima hari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Selatan (Sulsel) kolaborasi Tim Penggerak (TP) PKK Sulsel menggelar Pelatihan Peningkatan Produktivitas UMKM Angkatan I dan II Tahun Anggaran 2023.

Pelatihan yang diikuti puluhan pelaku UMKM dari berbagai kalangan dilaksanakan pada 8 – 12 Mei 2023, di Hotel Lynt Makassar.

Kepala Disnakertrans Sulsel, Ardiles Saggaf, mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan PKK dan Dekranasda Sulsel untuk mengurangi angka pengangguran.

PKK dan Dekranasda sangat berperan penting dalam membantu pemerintah.

“Berdasarkan data BPS, angka pengangguran turun. Ini berkat peran PKK dan Dekranasda Sulsel,” kata Ardiles, saat pembukaan Pelatihan Peningkatan Produktivitas Angkatan I dan II Tahun Anggaran 2023, Senin, 8 Mei 2023.


Ardiles Saggaf, Kadisnakertrans Provinsi Sulsel. Foto: humas pemprov sulsel/kabarika

Ardiles mengatakan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan garda terdepan perekonomian nasional dan daerah.

Di Sulsel, jumlah UMKM yang terdata mencapai 1,5 juta.

“Melalui pelatihan ini, kita harap bisa semakin meningkatkan kinerja dan produktivitas UMKM kita,” imbuhnya.

Sementara, Staf Ahli TP PKK Sulsel mewakili Ketua TP PKK Sulsel, Sukarniaty Kondolele, saat membuka pelatihan, mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan lima hari.

Substansinya diharapkan bisa menjadi modal bagi para pelaku UMKM untuk membuka peluang kerja dan meningkatkan produktivitas. Khususnya permodalan dan marketing.

“Modal dan market sangat penting dalam peningkatan produktivitas,” kata Sukarniaty.

Staf Ahli TP PKK Sulsel Sukarniaty Kondolele. Foto: humas pemprov sulsel/kabarika

Inovasi, menurut Sukarniaty, juga sangat dibutuhkan dalam peningkatan produktivitas produk. Termasuk dalam marketing, mengkolaborasikan dengan teknologi.

“Membangun jaringan dan networking juga sangat penting. Jadi sering-seringlah datang ke kegiatan seperti ini,” katanya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *