Mengenal Natto, Makanan Berlendir Khas Jepang Ternyata Kaya Gizi dan Manfaat

Berita1417 Dilihat

NATTO jadi tren makanan yang banyak dinikmati baru-baru ini di media sosial, tak terkecuali para selebritis yang juga ikut mencoba dan menikmati makanan tersebut.

Meski pada akhirnya banyak dari mereka yang berakhir dengan memilih tidak menghabiskannya, sebab tekstur dan aromanya yang begitu khas.

Lantas apa sih natto itu?

Natto merupakan makanan fermentasi dari biji kedelai menggunakan bakteri yang disebut bacillus subtillis yang menjadikan tekstur kedelai berlendir, lengket dan dilengkapi dengan serabut di sekelilingnya.

Natto memiliki aroma yang cukup menyengat, cukup membuat pengkonsumsinya merasa tidak nyaman dan segan untuk mencobanya.

Meski begitu, aromanya yang khas tidak menjadikan natto sebagai makanan yang buruk buat kesehatan.

Makanan yang terbuat dari kedelai fermentasi itu ternyata mengandung banyak vitamin yang di butuhkan tubuh, diantaranya Vitamin K, vitamin C, serat protein, kalium dan zat besi.

Berikut beberapa manfaat dari natto, makanan tradisional asal Jepang :

Memperkuat Kesehatan Tulang

Vitamin K yang terdapat pada natto diyakini dapat memperkuat kesehatan tulang.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Osteoporosis International meneliti dampak asupan natto terhadap kesehatan tulang pria lansia di Jepang, dengn menganalisis lebih dari 1.600 peserta.

Peneliti mengungkapkan bahwa peserta yang mengonsumsi lebih banyak natto mengalami peningkatan terhadap kesehatan tulang mereka.

Menjaga kesehatan jantung

Enzim nattokinase yang dihasilkan natto berperan dalam mengencerkan darah secara alami dan membantu mencegah pembentukan plak arteri. Hal ini dibuktikan melalui penelitian dari Biomarker Insight.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa nattokinase dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini dikarenakan enzim tersebut menunjukkan efek antihipertensi, anti-aterosklerotik, dan neuroprotektif.

Sementara itu, kandungan vitamin K2 dalam makanan yang bertekstur lengket itu dapat mencegah penumpukan kalsium di arteri yang tentu bisa berdampak buruk terhadap kesehatan jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan sejumlah nutrisi dalam natto ternyata menawarkan manfaat berupa peningkatan sistem imun tubuh.

Sumber probiotik, seperti natto, berkontribusi terhadap perkembangan bakteri usus yang sehat.

Bakteri baik pada usus ini dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri jahat dan bahkan bisa meningkatkan produksi sistem kekebalan tubuh.

Mengingat makanan natto memiliki aroma yang menyengat, bagi yang ingin mencoba dapat mengelolah nya dengan menambahkan natto kemakan lainnya seperti memakannya dengan nasi putih, melapisinya dengan roti, salad atau dijadikan sebagai toping telur dadar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *