Amran Sulaiman Silaturahmi dengan Keluarga Besar Faperta Unhas

Berita658 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR–Keluarga Besar Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin mengadakan acara Silaturahmi dan Halal bi Halal di AAS Building, Makassar, Ahad (14/5/2023).

Ketua Umum PP Ikatan Alumni UNHAS, Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, M.P yang juga alumni Pertanian menyambut baik Halal bi Halal yang melibatkan seluruh unsur di fakultas.

Peserta yang menghadiri HBH sekira 1.000-an terdiri atas civitas akademika Faperta, departemen/Prodi, Tendik (Tenaga Pendidik), C
cleaning tervice, driver Faperta, IKA Jurusan dan Organisasi kemahasiswaan termasuk para pensiunan.

Ketua Umum IKA Unhas, Amran Sulaiman yang sekaligus menjadi tuan rumah menyatakan akan tetap mendukung kegiatan-kegiatan kolaborasi multi-pihak yang nantinya tidak hanya bermanfaat untuk pengembangan almamater, tetapi juga dapat berkontribusi dalam pembangunan pertanian di Sulsel  khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Ketua Umum Andi Amran Sulaiman adalah alumni Faperta Jurusan Teknologi Pertanian (Tekper) Unhas angkatan 1988 untuk S1, sedangkan S2 dan S3 dalam bidang Agribisnis di Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Unhas.

Keluarga besar Fakultas Pertanian Unhas yang menghadiri HBH dan Silaturhami di AAS Building, Ahad (14/5/2023). Foto: ichi indrawan/kabarika

DIGEMBLENG KERAS

Founder PT. Tiran ini lalu bernostalgia dengan menceritakan masa lalu sebagai pembelajaran, di mana pada masa perkuliahan ia digembleng dengan keras dan penuh perjuangan.

Tapi, katanya lagi, gemblengan keras dari para dosen itulah yang akhirnya menjadikan dirinya memiliki mental yang kuat dan mengantarkan menjadi orang Indonesia belahan Timur yang menjadi Menteri Pertanian sekaligus alumni pertama Faperta Unhas yang menjadi orang nomor 1 di lingkungan Pertanian Indonesia periode 2014 – 2019.

“Kalau mau sukses dan mendapatkan angka yang bagus di kampus, maka tuliskan apa yang menjadi pikiran dosen,” ujar Amran mengajari mahasiswa untuk memdapat nilai A.

Lanjutnya, baca buku atau disertasi dosen, contek pemikirannya sehingga kalau ditanya saat ujian, maka jawab sesuai pemikirannya yang dia tulis dalam buku, disertasi atau tulisannya di dalam koran.

Ia kemudian menyebut sejumlah nama dosen yang pernah menguji, membimbing dan menggemblengnya. “Alhamdulillah berkat gemblengan beliau kami bisa seperti sekarang,” ujar Amran.

Menurut Amran, hanya dengan digembleng keras maka mahasiswa akan jadi “orang”.

Pria kelahiran Bone, 27 April 1968 yang kini babyak melakukan kerja-kerja sosial menyatakan sia bekerjasama dengan Unhas untuk mencetak mahasiswa-mahasiswa unggul dan berkarakter.

“Saya bersedia menjadikan AAS Building menjadi salah satu tempat pembelajaran Agribisnis. Kita cetak.mahasiswa unggul, tangguh dan berkarakter,” ujarnya.

Ketum IKA Unhas mengharapkan akan muncul usahawan-usahawan, entrepreneur baru yang mampu meraih keunggulan nasional dan bahkan meraih prestasi internasional.

LAMPAUI PENDAFTAR
Sementara itu, dalam laporannya, Ketua tim kerja Ir. H. Andi Muhammad Hatta, MM, menyampaikan bahwa total peserta yang mendaftar di link pendaftaran google form ada 800 orang, sedang yang menghafiri acara lebih 800 orang.

Tema yang diangkat pada acara HBH Pertanian adalah Belajar dan Masa lalu, Kolaborasi hari ini dan meraih sukses masa depan.

Andi Amran Sulaiman bersama Dr.Ir.Fadjry Jufri, MSi, dan mahasiswa ramai-ramai bernyanyi. Foto: ichi indrawan/kabarika

Menurut Hatta Tajang, silaturahmi penting dilakukan karena bertujuan untuk menjalin tali kasih sayang antar-sesama. Tim kerja juga menyampaikan terima kasih kepada Ketum IKA Unhas atas dukungan penuh sehingga acara bisa terlaksana, termasuk dari AAS Foundation, IKA Unhas, dan Fakultas Pertanian.

Dekan Faperta Unhas, Prof. Dr. Ir. Salengke, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan peran penting alumni untuk kolaborasi memajukan almamater dan siap bekerjasama dengan alumni.

Hikmah Halal bi Halal disampaikan Ustadz Arifuddin Lewa yang akrab disapa ustadz Arle.

Arle menekankan agar senantiasa menebar cinta dan kasih sayang, pentingnya takut pada Allah, karena sekarang banyak orang yang tidak takut akan kesalahan. Ia juga mengajak untuk meneladani kisah dibalik Idul Qurban.

Hadir pada kegiatan ini, Ketua Umum Pengurus Pusat IKA Unhas Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P, Dekan Fakultas Pertanian Unhas, Prof. Dr. Ir. Salengke, M.Sc., Wakil Dekan I Dr. rer.nat. Zainal, STP., M.Foodtech, Wakil Dekan II Prof. Dr. Ir. Rismaneswati, SP, MP, Wakil Dekan III Dr. Ir. Mahyuddin, M.Sc.

Juga hadir, Sekretaris Universitas Hasanuddin, Prof Ir Sumbangan Baja MPhil PhD Prof. DR. Sumbangan Baja, Prof. Kaimuddin, Prof Ambo Ala, Prof. Kahar Mustari, para mantan Dekan, guru-guru besar, staf dosen, Ketua Departemen/Prodi, Tendik, Ibu-ibu Dharma Wanita, Alumni lintas angkatan dan mahasiswa.

HBH dan silaturahim Faperta ini diakhiri dengan hiburan, nyanyi bersama serta pemberian sejumlah hadiah dan bingkisan. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *