Filosofi dan Sejarah Simbol Ular Melingkar di Tongkat pada Logo Dunia Medis

Berita168 Dilihat

KABARIKA.ID, JAKARTA — Tahukah kamu logo Ikatan Dokter Indonesia (IDI) hingga organisasi PBB di bidang kesehatan, yaitu World Health Organization (WHO) berlambang tongkat dan ular punya makna di baliknya.

Dalam dunia medis lambang ular melingkar di sebuah tongkat begitu familiar.

Ternyata, simbol ular melingkar ini punya sejarah di baliknya.

Kisah Asclepius, yang dipuja oleh orang Yunani kuno sebagai dewa penyembuhan dan pemujaannya melibatkan ular.

Sebenarnya ia adalah seorang tabib handal yang berasal dari Yunani. Karena dia begitu hebat dalam bidangnya, Asclepius lalu didewakan sebagai dewa ilmu pengobatan.

Dalam mitologi Yunani, dia diceritakan sebagai putra Dewa Apollo, dewa tampan multitalenta yang juga diasosiasikan dengan dunia pengobatan.

Asclepius digambarkan sebagai pria tua berjanggut sedang memegang tongkat kayu yang dililit seekor ular. Pemujaan Asclepius juga diikuti oleh Kekaisaran Romawi, dan kultusnya bertahan hingga sekitar abad ke-3 Masehi.

Asclepius adalah sosok manusia setengah dewa, karena ibunya adalah seorang manusia yaitu Putri Coronis.

Mitologi Yunani juga menempatkan Asclepius sebagai ayah dari dewi-dewi yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Yang paling terkenal di antara mereka adalah Hygieia, dewi kesehatan dan kebersihan.

Nama Hygieia mengilhami munculnya kata hygiene atau higienitas (kebersihan).

Sebagaimana ayahnya, Hygieia juga identik dengan ular. Simbolnya adalah “Mangkuk Hygieia”, berupa sebuah mangkuk atau gelas yang dililit seekor ular dan kini menjadi lambang umum di dunia farmasi.

Baik nama Asklepios maupun Hygieia disebut oleh Hippokrates, Bapak Kedokteran Yunani, dalam sumpah kedokterannya yang termasyhur.

Orang Yunani menganggap ular sebagai hewan suci, teman-teman. Mereka menggunakan ular dalam ritual penyembuhan untuk menghormati Asclepius.

Hal ini karena mereka percaya ular bisa dipakai sebagai penyembuh. Kemudian ular yang yang berganti kulit dianggap sebagai simbol kelahiran kembali atau pembaharuan.

Sehingga ular yang melingkar di tongkat ini merupakan simbol pemulihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.