Hari Buku Nasional, Inilah Daftar Buku Karya Anak Negeri yang Mendunia

Berita693 Dilihat

KABARIKA.ID, JAKARTA — Tanggal 17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Hal ini sudah dimulai sejak 13 tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 2022.

Momentum ini sangat pas bila disangkutkan dengan budaya kegiatan membaca di Indonesia.

Minimnya minat baca Indonesia sudah tinggi sejak dulu. Riset yang bertajuk World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca.

Selain membaca, momen ini rasanya sangat pas bila disandingkan dengan keberhasilan penulis-penulis Indonesia dalam menciptakan suatu karya.

Beberapa memilih untuk menyimpannya sendiri, dan beberapa memilih untuk mempublikasikannya hingga mendunia.

Berikut karya-karya penulis Indonesia yang bukunya sudah mendunia!

Cantik Itu Luka (Eka Kurniawan)

Buku ini mengusung plot cerita yang sangat kompleks. Mulai dari keluarga, romansa, dan politik. Buku ini pula sangat sukses yang bahkan telah diterjemahkan lebih dari 30 bahasa. Buku ini telah memenangkan World Readers’ Award pada tahun 2016.

Laut Bercerita (Leila S. Chudori)

Kisah sang tokoh utama di buku ini mampu menguncang emosi pembacanya. Pasalnya buku ini bercerita tentang hilangnya aktivis muda yang membuat luka pada keluarga dan teman dekatnya. Buku yang menerima penghargaan S.E.A Write Award tahun 2020 ini telah diterjemahkan ke bahasa Inggris.

Bumi Manusia (Pramoedya Ananta Toer)

Buku yang menceritakan pergerakan nasional, rasa, keagamaan, dan percintaan ini memiliki banyak momen haru yang dikemas Pram secara luar biasa. Bahkan buku inipun telah difilmkan di tahun 2019 yang disutradarai Hanung Bramantyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *