Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Pimpin IKA Mipa Unhas Susur Hutan Mangrove di Balikpapan

Berita789 Dilihat

KABARIKA.ID, BALIKPAPAN–Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2023, rombongan Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Mipa Unhas, sebanyak 83 orang dipimpin ketua Hadi Mulyadi melakukan aksi susur hutan mangrove di Graha Indah Balikpapan Utara.

Diterima oleh Agus Bei sebagai inisiator penanaman mangrove akibat perkampungannya diterpa angin kencang yang menerjang kawasan penduduk di tahun 1997.

Peristiwa tersebut memantik kesadaran akan lingkungan, sejak tahun 2001 dimulailah visi besarnya dengan melibatkan warga sekitar untuk menanam mangrove.

Memulai dengan 20 ribu bibit Rhizophora mucronata dengan areal seluas 40 hektar bersama penduduk, kemudian menghijaukan kawasan tersebut. Dan berhasil menyabet penghargaan KALPATARU tingkat Nasional tahun 2017.

Kini kawasan tersebut terus bertumbuh dengan luas mencapai 150 hektar, yang menyebabkan hadirnya hewan bermigrasi untuk menyatu dalam ekosistem baru

Diantaranya adalah biota mangrove serta Bekantan yang merupakan hewan endemik di kalimantan.

Dalam diskusi Agus Bei bersama rombongan IKA Mipa Unhas yang bertepatan Hari lingkungan hidup sedunia tersebut, ketua harian IKA Mipa Unhas, Dr. Masniawati turut berpesan agar setiap masyarakat peduli pada risiko pencemaran sampah plastik.

Karena, ungkapnya sebagai kawasan pasang surut, sampah yang datang dari kawasan lainnya dapat menggagu keseimbangn ekologi di kawasan tersebut.

“Yang juga telah menjadi lokasi obyek wisata, dan kini mamp meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat dengan pengolahan hasil hutan,” ujarnya.

Dipandu ketua IKA Mipa Unhas Hadi Mulyadi yang juga Wakil Gubernur Kalimantan Timur, berharap kepedulian akan kelestarian lingkungan terus didengungkan setiap alumni dan keluarga besar IKA Mipa Unhas dimana pun berada.

“Khususnya melawan sampah plastik Beat Plastic Pollution,” pungkasnya.
Salam lestari dari Mipa Unhas. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *