Maksimalkan Pemain dan Fanatisme Suporter Kunci Kemenangan PSM Malam ini

- Liga Champions Asia 2023

Berita209 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR—Malam ini PSM Makassar akan memaksimalkan potensi pemain saat menjamu Bali United di leg kedua babak play off Liga Champions Asia 2023 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/6/2023) .

Pertandingan leg kedua yang akan kick off pukul 19.30 wita ini akan berlangsung seru karena Bali United akan mengeluarkan segala kemampuan untuk unggul secara agregat karena pada leg pertama di kandangnya, Bali United kebobolan.

PSM berhasil menahan imbang tuan rumah Bali United dengan skor akhir 1-1.

Dipastikan, malam ini kedua kesebelasan akan tampil lebih keras demi mencuri poin untuk mengungguli lawan secara agregat.

Kubu PSM tentu tak ingin terlena setelah mengimbangi Bali United di Leg pertama. PSM Makassar yang berjuluk Pasukan Ramang, akan memaksimalkan serangan dan memperkuat pertahanan.

Apalagi PSM diuntungkan sebagai tuan rumah karena akan didukung supporter yang sejak pagi sudah berbondong-bondong ke Parepare, Kota kecil yang digelari Kota Cinta Ainun Habibie.

Kike Linaker, Pemain baru PSM asal Spanyol, berpaspor Philipina. Foto: ist

Pada babak penentuan, siapa tim yang akan lolos ke Liga Champions Asia 2023, apakah PSM Makassar atau Bali United?

Sebagai tuan rumah, posisi PSM lebih diuntungkan sehingga skuad yang diarsiteki Bernardo Tavares bakal tampil elegan dan lebih maksimal.

“Saya yakin PSM bakal menampilkan permainan terbaiknya demi lolos ke Liga Champions Asia 2023,” kata Mursalim, pecinta PSM sejak era perserikatan.

Modal imbang pada laga tandang, tambahmya, menjadi motivasi skuad PSM Makassar untuk mengalahkan Bali United.

“Catatan dua pertandingan kandang tak terkalahkan saat melawan Bali United juga menambah optimis sehingga PSM akan bermain taktis dan garang,” kata Mursalim.

Meski demikian, ia mengingatkan di kandang lawan skuad Serdadu Tridatu, di bawah asuhan Stefano Cugurra tak akan gentar menghadapi Pasukan Ramang.

Mereka ibarat pasukan yang telanjur “luka” sehingga akan nekad mengeluarkan segala kekuatan untuk membalas.

Untuk itu, urai Mursalim yang biasa disapa Chalink, Irfan Jaya dan Ilija Spasojevic tetap akan menjadi pilihan utama Stefano Cugurra untuk menusuk di lini depan.

Di laga leg kedua nanti, Serdadu Tridatu harus membuktikan diri bisa menumbangkan PSM Makassar di kandang yang tak pernah terkalahkan.

Sebaliknya PSM Makassar, tentu akan memaksimalkan posisi sebagai tuan rumah dengan dukungan maksimal penonton yang akan memenuhi Stadion Gelora BJ Habibie, Kota Parepare.

Seperti diketahui, stadion GBH Kota parepare pada liga 1 Musim lalu, senantiasa menjadi “neraka” bagi semua tim tamu yang bertanding di stadion tersebut.

Tercatat, PSM Makassar tidak pernah terkalahkan selama Liga 1 tahun 2022-2023, saat PSM Makassar menjadi tuan rumah.

Catatan lain adalah tim PSM yang akan bertanding di leg kedua adalah tim yang tidak terlalu banyak berubah dari tim yang menjuarai Liga Musim ini kecuali tidak hadirnya Ramadhan Sananta, yang hijrah ke Persis Solo.

“Tapi PSM mendapatkan striker yang tak kalah bagusnya, pemain asal Portugal, Adilson Silva yang didatangkan langsung coach Bernando Tavares,’’ kata Chalink.

Selain itu ada tambahan pemain belakang asal Spanyol berpaspor dan bernain di Timnas Philipina Kike Loinares.

‘’Karenanya laga penentuan PSM Makassar vs Bali United kali ini bakal berlangsung seru dan ketat,” kata Chalink.

Prediksi Susunan Pemain :
PSM Makassar (3-4-1-2): Reza Arya Pratama (GK); Kike Linares, Erwin Gutawa, Safrudin Tahar; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Yance Sayuri; Kenzo Nambu; Wiljan Pluim, Everton.

Pelatih PSM Makassar: Bernardo Tavares

Bali United (4-2-3-1): Adilson Maringá (GK); Haudi Abdillah, Brwa Nouri, Sidik Saimima, Kadek Arel; Eber Bessa, Novri Setiawan; Ricky Fajrin, Privat Mbarga, Irfan Jaya; Ilija Spasojevic.

Pelatih Bali United: Stefano Cugurra

MENGAPA ADA PLAYOFF
Babak play off Bali United Vs  PSM Makassar untuk memperebutkan satu tiket playoff karena PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada April lalu mengumumkan bahwa Indonesia mendapat jatah tiga tiket untuk berpentas di kompetisi level Asia.

Tiga jatah itu adalah satu tiket playoff Liga Champions Asia, satu tiket babak penyisihan AFC Cup, dan satu tiket play off AFC Cup 2023/2024.

Khusus untuk tiket playoff Liga Champions, klub yang mewakili Indonesia adalah pemenang dari juara Liga 1 2022/2023 melawan juara Liga 1 2021/2022.

Dalam hal ini, PSM Makassar sebagai juara Liga 1 2022/2023 akan menghadapi Bali United selaku kampiun Liga 1 2021/2022. Satu hal yang kerap jadi pertanyaan adalah kenapa Bali United harus menghadapi PSM Makassar sebelum lolos ke babak playoff Liga Champions Asia.

PT LIB menyatakan bahwa hal tersebut harus dilakukan karena Liga 1 2021/2022 terlambat selesai akibat pandemi Covid-19. Sehingga Bali United yang meraih trofi juara tidak bisa menembus kompetisi Asia yang sudah terlanjur bergulir.

Alhasil, terdapat jalan tengah agar klub Indonesia tetap bisa bersaing di playoff Liga Champions Asia. PT LIB kemudian membuat playoff internal di Indonesia agar sang pemenang bisa melenggang ke playoff Liga Champions Asia.

Terdapat dua leg pertandingan yang akan bergulir. Bali United lebih dulu menjadi tim kandang yang bakal menjamu PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar pukul 19.30 WITA atau 18.30 WIB.

Selanjutnya di leg kedua, giliran PSM Makassar yang akan menyambut Bali United di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sabtu (10/6) pukul 19.30 WITA atau 18.30 WIB.

Jika PSM berhasil mengalahkan Bali United pada Leg kedua, maka PSM otomatis akan lolos ke playoff Liga Champions Asia. Sedangkan Bali United akan mendapatkan tiket babak penyisihan grup AFC Cup.

Kemudian sisa satu tiket playoff AFC Cup adalah runner-up dari Liga 1 2022/2023. Dalam hal ini Persija Jakarta yang berhak bersaing di fase tersebut.

Pemain PSM meluapkan kegembiraan usai membobol gawang Bali United pada Leg 1 di Bali. Foto: ist

LOLOS KE PIALA CHAMPION ASIA ?

Jika berhasil mengalahkan Bali United, malam nanti, PSM Makassar  wajib mengalahkan juara bertahan Urawa Reds jika Ingin lolos ke Liga Champions Asia 2023-2024.

Untuk diketahui kembali, Indonesia mendapat satu jatah tiket untuk tampil di Liga Champions Asia 2023-2024. Namun, tiket tersebut akan lebih dulu diperebutkan oleh Bali United dan PSM Makassar.

Tim pemenang di laga tersebut akan mendapatkan tiket ke playoff Liga Champions 2023-2024. Di sisi lain, tim yang kalah bakal bermain di playoff AFC Cup 2023-2024.

Lantas, siapa lawan PSM Makassar di playoff Liga Champions 2023-2024? , wakil Indonesia bakal bersua tim asal Hong Kong antara Kitchee SC atau Lee Man.

Jika menang lawan Hong Kong tersebut, wakil Indonesia masih punya rintangan lain untuk memastikan tiket Liga Champions Asia 2023-2024. Ya, utusan Indonesia nantinya bakal berhadapan kontra wakil Jepang, sekaligus juara Liga Champions 2022-2023, Urawa Reds.

Menurut jadwal yang ada laga kontra Urawa Reds bakal berlangsung pada 22 Agustus 2023 di Jepang. Sebagai informasi, Urawa Reds merupakan salah satu tim tangguh asal negeri sakura.

Sejauh ini Urawa Reds sudah menorehkan tiga trofi Liga Champions Asia sepanjang turnamen. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *