Alibaba.com Gandeng Ratusan UMKM Sulsel Masuk ke Pasar Global

Berita883 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Sekira 100 pelaku bisnis UMKM Sulawesi Selatan belajar memanfaatkan tool dan resource Alibaba.com dengan mengikuti seminar “Digital Transformation with Alibaba.com” dalam ekosistem ExportHub.id di Hotel Claro Makassar, Selasa (13/6/ 2023).

Seminar digelar untuk memberikan pemahaman secara komprehensif bagi UKM/IKM dalam memanfaatkan kekuatan teknologi digital dan memaksimalkan salah satu e-commerce terbesar, Alibaba.com untuk menjual di pasar global.

Untuk itu Ekosistem ExportHub.id menggandeng Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Selatan, dan Bank Sulselbar menghadirkan lebih dari 100 UKM/IKM Sulawesi Selatan.

Tampil sebagai pembicara Direktur Eksekutif Bisnis dan Operasional ExportHub.id, Divera Wicaksono; Global Business Development Manager ExportHub.id, Sasongko; dan Country Manager Alibaba.com Headquarter, Xie Lijuan.

Peserta yang terlihat anstusias mengikuti seminar dibekali pengetahuan dan tips praktis mengenai cara memanfaatkan tool dan resource Alibaba.com, mengoptimalkan operasional bisnis dan memperluas jangkauan pasar untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Direktur Eksekutif Bisnis dan Operasional ExportHub.id, Divera Wicaksono, menegaskan seminar ini memberikan panduan praktis kepada peserta mengenai dunia transformasi bisnis digital.

“Transformasi digital telah menjadi suatu keharusan bagi bisnis yang ingin tetap kompetitif dan maju di era digital saat ini,” tegasnya.

Melalui kolaborasi dengan para pelaku bisnis lokal dan otoritas terkait, lanjutnya, Ekosistem ExportHub.id menguatkan komitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dengan memfasilitasi ekspansi dan penetrasi ke pasar global bagi sektor bisnis di Sulawesi Selatan.

Foto bersama pelaku bisnis UMKM dan tim Alibaba.com setelah seminar di hotel Claro, Makassar (13/6/2023). Foto: ist/kabarika

Peluang Bisnis Global

Alasan Alibaba.com mengajak UMKM/IKM Sulawesi Selatan memahami ekosistem ExportHub.id karena daerah ini merupakan salah satu gerbang utama perdagangan di wilayah Indonesia Timur

Sulawesi Selatan memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan sektor ekspor. Dengan keberadaan pelabuhan yang strategis dan infrastruktur yang terus berkembang, Sulawesi Selatan menjadi titik awal yang ideal bagi bisnis-bisnis lokal yang ingin menjelajahi peluang ekspor.

Ekosistem ExportHub.id menyadari bahwa tantangan utama yang dihadapi oleh pelaku bisnis di Sulawesi Selatan adalah akses terhadap informasi dan koneksi yang diperlukan untuk mengakselerasi ke pasar internasional.

Oleh karena itu, Ekosistem ExportHub.id berkomitmen memperkuat sektor bisnis di Sulawesi Selatan dengan menyediakan platform berskala global yang dapat menghubungkan para eksportir dengan global buyer.

Hal ini juga sejalan dengan tekad kuat pemerintah setempat untuk membangun sektor bisnis di provinsi tersebut.

Melalui Ekosistem ExportHub.id, para pelaku bisnis di Sulawesi Selatan akan mendapatkan manfaat sebagai berikut, pihak Alibaba.com melalui ExportHub.id akan menyediakan akses langsung ke pasar internasional melalui kemitraan dengan e-commerce global dan jaringan bisnis yang luas.

Para UKM/IKM di Sulawesi Selatan dapat memanfaatkan ini untuk mempromosikan produk mereka dan menjangkau konsumen di seluruh dunia.

Poin penting berikut yang disediakan untuk menembus pasar global antara lain penyediaan Informasi dan Pelatihan.

Di sini Ekosistem ExportHub.id menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk memahami persyaratan dan proses ekspor, serta mengetahui tren pasar global.

Dengan memperoleh informasi yang tepat, para UKM/IKM di Sulawesi Selatan dapat mengoptimalkan strategi mereka dan menghadapi persaingan yang kompetitif.

Selanjutnya, ketersediaan jaringan dan Kolaborasi: Ekosistem ExportHub.id memfasilitasi kolaborasi antara pelaku bisnis di Sulawesi Selatan dengan global buyer agar dapat menjalin hubungan bisnis yang saling menguntungkan dan memperluas jangkauan pasar mereka.

Peserta tekun mendengar penjelasan dari pihak Alibaba.com. Foto: ist/kabarika

Ke depan, Ekosistem ExportHub.id akan mengidentifikasi lebih banyak lagi peluang di provinsi-provinsi lain di seluruh Indonesia agar semakin banyak pengusaha lokal yang mampu mengglobal.

Sehari sebelumya, raksasa marketplace dunia ini berkunjung ke Sekretariat PP IKA Unhas, AAS Building, Jl. Urip Sumoharjo, Makassar, Senin (12/6/2023).

Dalam penjelasan di hadapan  pengurus pusat IKA Unhas, kedatangan Alibaba melalui jejaring mereka di Indonesia, ExporHub.id untuk bersilaturahmi sekaligus memperkenalkan layanan platform Alibaba yang mereka ditangani.

Hadir dari pihak ExporHub.id pada sosialisasi ini Diah Ayu Olif sebagai senior Busines Development Consultant dan Business Development, Nadia
(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *