Kabid Diskominfo-SP Sulsel, Fitrah Paparkan Strategi Implementasi Satu Data Indonesia

Berita914 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR–
Kepala Bidang Statistik Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan, Fitrah, didapuk menjadi pembicara pada kegiatan Bimbingan Teknis Satu Data Indonesia di Hotel Lynt Makassar, Selasa (11/07/2023).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Diskominfo-SP Kabupaten Takalar, Fitrah memaparkan strategi implementasi satu data Indonesia di Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurut Fitrah, plikasi Satu Data Provinsi Sulawesi Selatan merupakan aplikasi yang dibangun oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian.

“Tujuan aplikasi untuk mewujudkan ketersediaan data yang cepat, Akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggung jawabkan,” kata Fitrah, yang juga pengurus PP IKA Bidang Informatika.

Aplikasi ini, lanjutnya, mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pemerintah, dan juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat atau publik untuk berbagai kepentingan.

Implementasi aplikasi Satu Data dalam rangka pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI) dan Perbadan Nomor 3 Tahun 2023 tentang Satu Data Pangan, di mana Pusdatin Pangan NFA saat ini sedang mempersiapkan pembangunan Sistem Informasi Pangan dan Gizi.

Pada sistem tersebut akan dilaksanakan integrasi data pangan untuk mendukung layanan bagi pakai data antar instansi pusat dan daerah.

Peserta pelatihan berasal dari Diskominfo-SP Kabupaten Takalar dengan peserta beberapa unsur. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *