Andi Darmawan Bintang Hadiri Dies Natalis UNM ke-62 Tahun

Berita908 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Andi Darmawan Bintang menghadiri Dies Natalis Universitas Negeri Makassar (UNM) ke-62 Tahun, yang dilaksanakan di Menara Phinisi, AP Pettarani, Selasa, 1 Agustus 2023. Dies Natalis kali ini mengangkat tema Pengembangan SDM Unggul di Era Society 5.0.

Pj Sekprov Sulsel Andi Darmawan Bintang yang membacakan sambutan Gubernur Sulsel, mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Sulsel dirinya mengucapkan selamat dan sukses Dies Natalis UNM ke-62 Tahun. Semoga dengan momentum ini, membuat UNM kedepannya semakin maju dan sukses.

Menurutnya, UNM telah memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sulsel dan Indonesia. Dimana, telah menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkompeten di berbagai bidang untuk menunjang pembangunan nasional yang berkelanjutan.

“Kita semua meyakini bahwa di era society 5.0, SDM memegang peran yang sangat penting dan strategis dan menjadi tulang punggung dalam menghadapi perubahan yang cepat dan kompleks di berbagai sektor kehidupan,” ujarnya.

Untuk itu, setiap individu harus selalu meningkatkan kompetensi dan pengetahuan sesuai tuntutan zaman. Karena tidak bisa dipungkiri, setiap negara di muka bumi ini bersaing dan berlomba secara ketat dalam penguasaan teknologi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, untuk pengembangan SDM yang unggul, diperlukan langkah-langkah. Seperti, meningkatkan kualitas pendidikan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, membangun kemitraan, kebijakan dan regulasi, kompetensi diri, dan kesetaraan akses.

“Saya yakin UNM terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan era untuk menjawab tantangan dan memenuhi kebutuhan akan pentingnya SDM dalam bidang pendidikan,” ungkapnya.

Untuk itu, pada momentum ini, UNM akan semakin inovatif dalam menyiapkan dan mencetak SDM yang unggul dan berkontribusi dalam upaya mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan bangsa serta terus menjaga komitmen dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas guna menghasilkan generasi yang unggul dan berdaya saing global.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husein Syam, mengatakan, dirinya sangat bangga dan berterima kasih karena para undangan meluangkan waktu menghadiri acara puncak tahun kelahiran Universitas Negeri Makassar.

“Saya bersyukur karena pada Dies Natalis ke-62 UNM tahun ini saya membawakan pidato tahunan untuk ke delapan kalinya. Artinya saya diberi kesehatan dalam kurun waktu dua periode menjalankan amanah sebagai Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM),” ujarnya.

Husein Syam mengatakan, dengan tuntutan zaman tidak bisa dipungkiri bahwa di setiap negara bersaing dan berlomba secara ketat dalam penguasaan teknologi. Kemajuan di bidang teknologi telah menimbulkan perubahan yang sangat signifikan di kehidupan manusia.

“Hampir tidak ada sendi-sendi kehidupan yang tidak terjangkau oleh teknologi. Perubahan ini tentunya harus dibarengi dengan kemampuan sumber daya manusia yang handal,” ujarnya.

Untuk itu, kata Husein Syam, diperlukan langkah-langkah untuk pengembangan sumber daya manusia unggul. Diantaranya melalui peningkatan kualitas pendidikan dengan memperhatikan kebutuhan dan trend di era society. Kemudian program pelatihan dan pengembangan keterampilan yang memungkinkan sumber daya manusia untuk menguasai teknologi terbaru dan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan.

Berikutnya, membangun kemitraan yang erat dengan industri dan sektor bisnis guna memfasilitasi transfer pengetahuan dan pengalaman, kemudian mengadopsi kebijakan dan regulasi yang mendukung pengembangan sumber daya manusia yang unggul.

Selain itu, keterampilan teknis dan pengembangan diri dan kompetensi juga menjadi sangat penting. Dan yang terakhir adalah memastikan setiap individu memiliki kesetaraan akses terhadap pendidikan dan pelatihan dan upaya untuk mengurangi kesenjangan digital.

“Saya yakin Universitas Negeri Makassar terus berinovasi dan beradaptasi dalam era perubahan untuk menjawab tantangan dan memenuhi kebutuhan akan pentingnya sumber daya manusia,” ungkapnya.

Turut hadir Kapoksahli Pangdam XIV Hasanuddin Brigjen TNI Heri Sutrisma, Dir Binmas Kombes Pol Andi Heru Santo, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib, Asintel Kosek II Kolonel Sus Alamsyah, Staf Ahli Bidang SDM Koopsud II Kolonel Sus Sukardi, juga Aspotmar Danlantamal VI Kolonel Laut Dr Bahtiar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *