Kolaborasi dan Sinergi Alumni Unhas akan Bangkitkan UMKM Parepare-Makassar

Berita523 Dilihat

KABARIKA.ID PAREPARE – Sinergi dan kolaborasi alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) diharapkan mampu membangkitkan ekonomi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Parepare dan Makassar.

Inilah yang menjadi harapan Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Kota Parepare periode 2023-2027, Taqiyuddin Djabbar yang resmi dilantik di Gedung Islamic Center, Jumat malam, 4 Agustus.

Pelantikan tersebut mengambil tema Kolaborasi Unhas untuk Membangkitkan UMKM.

Menurut Taqiyuddin, itu bukanlah sekadar tema tapi faktual karena usaha mikro kecil urutan ketiga setelah Makassar dan Palopo 15 ribu pelaku UMKM.

Namun secara rasio, lanjut alumni Fakultas Sosial Politik ini, pelaku UMKM adalah tertinggi di Sulsel.
“Olehnya itu, kolaborasi Unhas terkait kebangkitan UMKM, diharapkan dapat terjadi simbiosis mutualisme.

Teman- teman di IKA Unhas dapat membantu pelaku usaha mikro,”ucapnya usai dilantik bersama pengurus IKA Unhas Parepare lainnya.

Dalam kesempatan itu hadir pula Wakil Walikota Parepare, Pangerang Rahim yang juga mendukung kolaborasi alumni Unhas.

Mantan anggota DPRD Sulsel ini mengajak alumni untuk sinergi dengan Pemkot Parepare memberikan kontribusi terbaik untuk daerah. Termasuk di bidang ekonomi khususnya UMKM.

“Peran alumni sangat penting bagi pembangunan. Untuk bersaing di dunia global diperlukan kualitas SDM,” ungkap Pangerang dihadapan pengurus IKA Unhas Sulsel dan Parepare.

Adapun Ketua IKA Unhas Sulsel, Mohammad Ramdhan Pomanto menilai Kota Parepare merupakan pusat Pantai Barat yang memiliki potensi besar.

” Untuk itu semua harus berkolaborasi inisiasi dan aksi,” kata Danny, sapaan akrabnya. Dia mengibaratkan alumni sebagai buah manis yang harus dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan almamater.

Perwujudan kolaborasi tersebut ditandai penandatanganan nota kesepahaman pelaksanaan pelatihan bagi pelaku usaha kecil dan mikro Kota Parepare dan Makassar.

Dalam kepengurusan IKA Unhas Parepare, dilantik Ketua Harian Ir H Muhammad Imran Ramli, MSP
Sekretaris Ir Hasniati Saat, Bendahara Hasanuddin, ST dan beberapa divisi lainnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Dekan Fisipol Universitas Muhammadiyah Pare-Pare dan perwakilan ICMI Parepare
Direktur Hubungan Alumni dan Pengembangan Dana Abadi Unhas, Dr Andi Muhammad Akhmar,S.S.,M.Hum.

Turut hadir Pengurus Wilayah IKA Unhas Sulsel, Ketua Harian IKA Unhas Sulsel, Harun Ar-Rasyid dan sekum Hidayah Muhallim, Maqbul Halim, Sakkapati, Emma Husain dan beberapa pengurus IKA Unhas Sulsel. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *