Berawal dari Keresahan, Andi Fauzan Sukses Pameran Foto Bertema Sampah

  - Catatan Ainun Iskandar - Fotografer Kabarika.id

Berita, Seni Budaya587 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR–Fotografer
muda asal Makassar, Andi Fauzan sukses menggelar pameran fotografi yang bertema: #BuangSembarangan, Makassar International Eight Festival, Makassar (26-27/2023).

#BuangSembarangan merupakan apresiasi karya pada hasil proyek yang berfokus pada isu iklim dan lingkungan.

Dalam pameran #BuangSembarangan ini, Andi Fauzan ingin menyampaikan pesan tentang bagaimana efek domino dari kebiasaan buang sampah sembarangan yang masih menjadi persoalan kebiasaan yang ada di masyarakat.

Pada hari pertama, kegiatan ini dimulai dengan pengenalan karya #BuangSembarangan oleh pameris, Andi Fauzan dan berkolaborasi instalasi lukis dengan Nabiel Neezar.

Keesokan harinya atau hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan talkshow “Maccarita: Diskusi iklim, Pentingnya Kebijakan Publik dan Campaign Media pada pelestarian lingkungan”.

Materi dipresentasi oleh Ketua Serikat Hijau Indonesia Daerah Sulawesi Selatan yang juga Dosen Ilmu Administrasi Publik Unhas, Rizal Pauzi, S.Sos.,M.Si dan Andi Fauzan selaku pameris #BuangSembarangan.

Tujuan diadakannya pameran #BuangSembarangan, kata Fauzan sebenarnya untuk mengekspresikan keresahan pribadi tentang problematika sampah.

“Bagaimana efek domino dari habit buruk buang sampah sembarangan itu perlu segera dikampanyekan ke masyarakat sehingga terjadi kesadaran yang masif pada semua orang bahwa ini adalah suatu concern yang tidak boleh dipandang sebelah mata,” jelas Andi Fauzan.

Ketua Serikat Hijau Indonesia Sulsel, Rizal Fauzi menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan pameran #BuangSembarangan ini.

Pameran ini, ungkapnya, menunjukkan kepada kita semua bahwa kampanye hijau tidak harus dimulai dengan sesuatu yang besar melainkan dari kebiasaan kecil yang dilakukan sehari-hari namun kadang disepelekan.

“Kepekaan dari hal tersebut saya rasa menjadikan karya yang disajikan sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Sederhana namun pesannya sangat mengena. Kerja Bagus untuk Andi Fauzan dan ditunggu karya epik selanjutnya,” kata Rizal Fauzi.

Pameran #BuangSembarangan ditutup dengan diskusi iklim serta penyerahan hadiah bagi masyarakat yang mengikuti dialog tersebut serta penutupan kegiatan F8 Makassar 2023. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *