Syahrul Yasin Limpo Terima Penghargaan Tokoh Sulsel Berpengaruh Tingkat Nasional

Berita, Kabar Alumni998 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR– Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendapat penghargaan ‘Kabar Makassar Award 2023’ Kategori Tokoh Sulsel Berpengaruh Tingkat Nasional.

Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Jupriadi, CEO Kabar Group Indonesia Network pada Gala Dinner dan Awarding Night yang digelar di Hotel Claro Makassar (29/8/2023).

SYL menurut Jupriadi yang akrab disapa Upi Asmaradhana menerima penghargaan ini karena telah mengabdikan diri lebih dari 30 tahun sebagai kepala daerah dan pemimpin yang memperjuangkan pertanian hingga saat ini.

“Bapak SYL dipercaya oleh Presiden RI menjabat sebagai Menteri Pertanian. Berbagai penghargaan ditorehkan selama menjabat,” kata Upi.

“SYL sukses menorehkan prestasi penghargaan swasembada beras dan ketahanan pangan dari IRRI, serta pengakuan badan pangan dunia FAO atas kemampuan Indonesia mencukupi beras nasional,” jelas Upi.

Saat memberi sambutan SYL yang datang dengan mengenakan pakaian Dinas Kementan, menyambut baik dan mengapresiasi Upi Asmaradhana dan kru Kabar Makassar yang memberinya penghargaan.

Hal yang disebut SYL sebagai kebersamaan yang langgeng bersama Upi dan tim Kabar Makassar.

“Saya tahu Upi bersama Kabar Makassar telah bersama saya sejak jadi Gubernur, terima kasih penghargaannya,” kata SYL.

SYL juga memberikan serupa orasi terkait prinsip kepemimpinan, pandangan atas situasi kontemporer NKRI.

Dia juga memaparkan trend produksi pertanian nasional termasuk pengalamannya sebagai gubernur dan membantu negara ini memenuhi pangan saat bencana El Nino bertahun silam.

“Saat saya Gubernur, Sulsel memasok beras untuk 16 provinsi di Indonesia yang kekurangan,” ungkapnya.

SYL juga menyinggung betapa perlunya bangsa ini saling menghargai, memberi akses dan peluang yang sama bagi setiap anak bangsa untuk mengambil bagian dalam menentukan arah perjuangan bangsa.

Pada momen yang sama SYL memaparkan grafik pertumbuhan ekonomi pertanian, produksi dari tahun ke tahun.

Hal yang disebutnya sebagai kinerja baik dan telah diapresiasi Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Tahun lalu, Menteri Pertanian RI, 2014-2019 Andi Amran Sulaiman telah menerima Award Kategori Tokoh Sulsel Berpengaruh Tingkat Nasional.

Daftar Penerima Penghargaan

Selain penghargaan kepada SYL, ada sejumlah tokoh Sulawesi Selatan yang juga mendapat penghargaan sesuai kategori.

1. Dr Hasrullah sebagai tokoh inspirarif pendidikan. Dr Hasrullah merupakan pencetus program KKN Kebangsaan yang
menyatukan anak bangsa.

2. dr Udin Malik sebagai tokoh pemuda inspiratif Sulsel.

Udin menjadi ketua Forum Kemanusiaan Kota Makassar, menginisiasi program Dokter Kita, gerakan Massikola (Makassar Siap Sekolah), dan program inovasi penanganan stunting 1 anak 1 warung makan.

Saat ini, dr. Udin aktif menjadi dewan pengawas termuda di rumah sakit umum daerah kota Makassar, konsultan Incubator Center UMKM dinas koperasi, dan koordinator Forum Pengurangan Resiko Bencana Kota Makassar, serta sekertaris Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi Kota Makassar).

3. Iwan Dento sebagai tokoh lingkungan. Iwan adalah seorang aktivis lingkungan asal Kabupaten Maros yang gigih mempertahankan dan merawat karst di Rammang-rammang dari ancaman industrialisasi.

4. Penerima Kabar Makassar Award Kategori Tokoh Penggerak Pariwisata: H. Muh. Basli Ali.

Basli merupakan Bupati Kepulauan Selayar yang sukses meningkatkan pariwisata di Kepulauan Selayar dengan mendatangkan berbagai investor lokal hingga mancanegara.

5. Bupati Bantaeng Ilham Azikin sebagai kepela daerah inovatif.

Ilham merupakan Bupati Bantaeng yang sukses meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi Bantaeng berada di angka 8,86 persen sekaligus tertinggi di Sulawesi Selatan.

6. Andi Seto Adhista Asapa sebagai tokoh pengentasan kemiskinan. Ia sukses menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Sinjai dengan angka persentase penduduk miskin di tahun 2022 turun menjadi 8,8 persen.

7. Politisi Ni’matullah Erbe sebagai tokoh politik inspiratif Sulsel 2023, lalu ada Mardiana Rusli sebagai perempuan inspiratif Sulsel yang kini sebagai Ketua Bawaslu Sulsel.

8. Supriansa sebagai penerima Kabar Makassar Award Kategori Tokoh Hukum Sulawesi Selatan.

9. Ahmad Susanto, Ketua KONI Makassar yang disebut sebagai tokoh olahraga inspiratif 2023.

10. Muh Arief Rosyid Hasan sebagai Penerima Kabar Makassar Award Kategori Penggerak Ekonomi dan UMKM.

Arief merupakan Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI) sejak 1 Februari 2021. Arief Rosyid mengawali kariernya sebagai seorang aktivis organisasi kepemudaan. Pada 2013-2015 ia menjabat sebagai ketua umum
PB Himpunan Mahasiswa Indonesia.

11. Penerima Kabar Makassar Award Kategori Tokoh Pluralisme adalah H. Muhammad Amri Arsyid.

Amri merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulawesi Selatan (Sulsel). Amri Arsyid memimpin PKS Sulsel sejak 2020 lalu.

Alumnus Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) ini selalu membawa isu-isu kesetaraan dan berhasil
menjaga semangat pluralisme di segala aktifitas kehidupan sehari-hari.

Amri disebut gencar menyebarlan isu oluralisme dari berbagai etnis, agama dan golongan untuk saling menjunjung nilai-nilai toleransi.

12. Muhammad Alifi yang merupakan pemuda asal Jeneponto yang sukses menyanyikan lagu-lagu khas Makassar didapuk sebagai tokoh seni budaya Sulsel.

Alasannya, dia konsisten melestarikan lagu-lagu khas Makassar. Pemuda yang juga mahir memainkan gambus dan gendang ini kini memiliki jutaan penonton di Youtube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *