Ashabul Kahfi Salurkan Perahu Karet Tanggap Bencana ke Warga Antang

Berita977 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi kunjungan kerja bersama BNPB RI di Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala (Antang) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (8/9/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka menyalurkan bantuan sigap bencana program aspirasi masyarakat oleh Ketua Komisi VIII DPR RI.

“Bantuan ini merupakan bentuk kehadiran negara. Oleh catatan saya yang diperoleh dari masyarakat. Semoga bantuan ini bisa membantu warga Antang, tidak hanya ketika musim penghujan dan banjir, melainkan kesigapan terkait musibah kebakaran,” kata Kahfi melalui siaran tertulisnya.

Adapun bantuan yang disalurkan adalah perahu Polyethilene, bantuan makanan siap saja, sabun mandi batang dan berebentuk cair dan topi caping.

Kehadiran Ketua Komisi VIII Ashabul Kahfi ke Manggala sebab secara sejarah Kecamatan Manggala merupakan daerah langganan banjir dari tahun ke tahun.

“Jadi kacamata saya, Kecamatan Manggala ini siklusnya tahunan. Ini menjadi catatan penting bagi stake holder dan warga untuk memitigasi dampaknya,” ungkap Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Selatan ini.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB RI Lilik Kurniawan, Direktur Nadhira Seha (BNPB RI), Kalaksa BPBD Provinsi Sulawesi Selatan Amson Padolo, Lurah Kecamatan Manggala, Ketua Tim Utara Community for AK, Amran Malik, Mukbil M.Nur, Mursalim Thahir, Kordinator Tagana Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Andi Rahman Sulo dan tokoh masyarakat Setempat serta aktivis lingkungan.

Sementara itu, Deputi Logistik dan Peralatan Lilik mengungkapkan Ketua Komisi VIII Ashabul Kahfi memiliki visi misi yang sama dengan BNPB RI.

“Beliau memberi perhatian serius bagi kesigapan bencana,” ujar Lilik.

Salah satu warga mengutarakan bahwa Kelurahan Manggala merupakan daerah rawan banjir. Ia pun berharap bantuan ini mampu membuat gerak cepat warga untuk mengevakuasi masyarakat dalam hal kebencanaan, khususnya banjir.

“Kalo diingat banjir bandang waktu itu, kita menanti perahu agar tiba ke lokasi daerah kita, karena betul kekurangan perahu akhirnya warga menanti di atas sekitar empat sampai enam jam. Alhamdulillah sekarang sebagai tokoh masyarakat kami memperoleh kabar baik, terima kasih kami ucapkan,” terangnya.

Manggala, Kota Makassar adalah salah satu Wilayah yg menjadi langganan Banjir di setiap musim penghujan, bila puncak penghujan, ada sekitar 18 titik banjir, tapi bila rata rata musim hujan, maka ada sekitar 13 titik Banjir di wilayah Kecamatan Manggala.

Hal ini berdasarkan laporan Sekertaris Lurah Manggala, Muhammad Sadli, SE, M.Si, yang mewakili Lurah Manggala.

Acara penyerahan bantuan Bagi warga Manggala diakhiri dengan mengunjungi wilayah yang paling parah saat musim penghujan di daerah Blok X dan Blok 13, perumnas Antang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *