Rektor Jamaluddin Jompa Launching Jagung Jago Unhas yang Mampu Produksi Maksimal di Dataran Tinggi

Berita, Kabar Unhas914 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR–Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc me-launching Jagung Jago Universitas Hasanuddin, disingkat JJUH, di Auditorium A.P. Pettarani Universitas Hasanuddin, Sabtu (9/9/2023).

“Jagung unggul ini merupakan varietas baru yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan benih jagung di Indonesia dalam waktu dekat, bahkan sangat dimungkinkan untuk bisa diekspor,” kata Prof. JJ.

Launching ini merupakan rangkaian Dies Natalis Universitas Hasanuddin ke-67. Kemudian dilanjutkan panen jagung di Kebun Pertanian di samping GOR Unhas.

Menurut Prof (R) Dr. Muhammad Azrai, peneliti jagung varietas baru ini, salah satu kelebihan varietas baru jagung hibrida Unhas ini tongkolnya lebih padat dan berisi.

“Juga memiliki keunggulan mampu berproduksi sangat tinggi pada dataran menengah dan tinggi, sedang varietas jagung lainnya masih terbatas produksinya di elevasi tersebut,” ungkapnya.

Dengan demikian masalah kelangkaan varietas untuk petani jagung di daerah ketinggian dapat diatasi dengan hadirnya varietas Jagung Jago Unhas ini.

Menurut Azrai, Jagung Jago juga telah melalui pengujian daya tahan terhadap berbagai macam penyakit, kandungan proksimat dan potensi produksi benih komersialnya. Hal ini untuk melihat bagaimana keunggulan suatu varietas jika benihnya telah digunakan oleh petani.

“Selain itu, proyek pengembangan benih dari varietas unggul ini telah diuji coba di beberapa daerah di Indonesia, diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Sumatera Utara,” ungkap Prof. Azrai.

Selain Rektor Unhas, launching Jagung Jago ini juga dihadiri Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH., MH., Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, Pangdam VI Wirabuana Mayjen TNI Totok Imam Santoso dan ajaran pimpinan daerah ini.

Mereka kemudian melakukan panen bersama Jagung Jago Unhas di Kebun Pertanian Fakultas Pertanian Unhas. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *