Pemerintah Luncurkan Program Penanaman 1 Miliar Pohon

Berita548 Dilihat

KABARIKA.ID, JAKARTA–Pemerintah Indonesia hari ini resmi meluncurkan program ambisius penanaman 1 miliar pohon sebagai upaya mengatasi perubahan iklim dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

Program ini akan melibatkan partisipasi masyarakat, perusahaan, dan pemerintah daerah dalam upaya kolektif untuk menjaga hutan dan lahan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, mengatakan penanaman 1 miliar pohon adalah langkah penting dalam upaya kita untuk menjaga lingkungan yang sehat bagi generasi mendatang.

“Ini adalah komitmen kita untuk menghadapi tantangan perubahan iklim,” kata Siti Nurbaya dalam keterangannya, Kamis 14 September 2023.

Program ini akan mencakup berbagai jenis pohon yang sesuai dengan kondisi iklim dan lingkungan di setiap wilayah, dengan fokus pada restorasi hutan yang terdegradasi dan pelestarian ekosistem yang rentan.

Pemerintah juga berencana untuk memberikan insentif kepada masyarakat yang aktif berpartisipasi dalam program ini.

Penanaman pohon yang masif ini diharapkan dapat mengurangi emisi karbon, meningkatkan kualitas udara, dan melindungi keanekaragaman hayati.

Pemerintah berharap bahwa program ini akan menjadi contoh bagi negara-negara lain dalam upaya melawan perubahan iklim global.

Program penanaman 1 miliar pohon ini akan berlangsung selama beberapa tahun ke depan dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk LSM lingkungan dan perusahaan swasta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *