Di Tanah Air Tinggal Petik, Ternyata Daun Pisang Jadi Benda Mahal di Luar Negeri

Berita1223 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR–Harga daun pisang di luar negeri sangat mahal sampai mencapai ratusan ribu rupiah, dibandingkan di Indonesia bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah atau cuma-cuma tinggal petik.

Di Indonesia, kita masih banyak menemukan orang-orang yang menggunakan daun pisang untuk membungkus makanan, selain membuat makanan fresh daun pisang dinilai higinies karena tidak menimbulkan sampah yang susah diolah.

Daun pisang mudah ditemukan di Indonesia karena Indonesia adalah negara tropis. Beda halnya diluar negeri seperti di Jepang dan di Australia karena memiliki banyak musim sehingga beberapa tanaman tidak cocok dengan cuaca disana termasuk pohon pisang.

Menurut orang yang tinggal di luar negeri, daun pisang susah didapatkan dan menjadi barang yang mahal karena hasil ekspor dari negara lain. Daun pisang biasanya hanya bisa didapatkan di toko-toko Asia.

Harga selembar daun pisang di Jepang bisa dibandrol dengan harga 1.980-2.280 Yen jika dirupiahkan sekitar Rp 278 ribu-Rp 321 ribu. Ada juga yang beberapa lembar dijual dengan harga 3.700 Yen atau dirupiahkan sekitar Rp.521 ribu.

Di Jepang pohon pisang sangat sulit ditemukan dan jika pun ada yang berhasil menanam pohon pisang maka harganya jauh lebih mahal karena penanamannya yang sangat sulit akibat cuaca.

Tak kalah jauh harga daun pisang di Jepang, di Amerika daun pisang juga mahal.

Daun pisang di sana bisa dibandrol dengan harga USD 13-18 sekitar Rp 195-Rp 270 ribu. Karena ini banyak warga Indonesia yang sangat kaget melihat harga daun pisang di luar negeri. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *