Amalan-amalan Menurut Syariat yang akan Merontokkan Dosa

Berita679 Dilihat

DOSA dan khilaf tak akan lepas dari bayang-bayang manusia. Untuk menghapus dosa ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan. Dengan melakukannya niscaya Allah akan menghapus dosa-dosa hamba yang mengerjakannya dengan ikhlas.

Sebagaimana sabda Radulullah yang menyebutkan perbuatan dosa sebaiknya harus diiringi dengan amalan baik agar dosa tersebut dapat berguguran.

Berikut enam amalan yang bisa dilakukan untuk menggurkan dosa:

1. Sempurnakan Wudhu

Amalan pertama adalah senantiasa menyempurnakan wudhu. Sebelum melakukan shalat fardhu atau sunnah diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu.

Dengan menyempurnakannya sesuai syariat, maka ini menjadi salah-satu amalan baik yang akan menggugurkan dosa. Sebagaimana tertuang dalam HR. Muslim.

“Maukah kutunjukkan yang membuat Allah menghapus dosa dan mengangkat derajat? Menyempurnakan wudhu di pagi hari yang dingin.” (HR. Muslim)

2. Shalat Berjamaah Ke Masjid

Setiap langlah yang diambil menuju masjid, maka ganjaran kebaikan akan menyertainya. Sebagaimana dituangkan dalam HR. Ahmad

“Setiap langkah menuju tempat shalat (masjid) akan dicatat sebagai kebaikan dan akan menghapus kejelekan.” (HR. Ahmad).

3. Duduk Di Masjid Setelah Shalat

Duduk di dalam masjid setelah melaksanakan shalat adalah amalan mulia yang dapat menggugurkan dosa. Para malaikat akan mendoakan kebaikan untuknya.

Seperti yang dimuat dalam HR Muslim berbunyi

“Tidaklah seseorang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci melainkan para Malaikat akan mendoakannya, ‘Ya Allah ampunilah ia, Ya Allah sayangilah ia.” (HR. Muslim).

4. Memberi Makan Orang Lain

Memberi makan orang lain merupakan salah-satu perbuatan yang dapat menghapus dosa. Seperti yang telah dikatakan Rasulullah dalam HR. Bukhari.

“Seorang laki-laki bertanya kepada Nabi, ‘Perbuatan apa yang terbaik dalam islam?’
Nabi menjawab, ‘Kamu memberi makan kepada orang lain.” (HR. Bukhari).

5. Melunakan Suara

Sesungguhnya melunakkan suara saat berbicara dengan orang lain juga merupakan amalan mulia. Sebagaimana telah dijelaskan dalam QS. Luqman:19 yang menganjurkan untuk melunakkan suara.

“Dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.” (QS. Luqman: 19)

6. Shalat Malam

Mendirikan shalat malam adalah salah-satu kemuliaan untuk mendapat Ridho-Nya. Begitu istimewanya shalat ini, jika dikerjakan akan menghapuskan dosa.

Sebagaimana telah diriwatkan dalam Hadis Tirmidzi.

“Shalatlah di waktu malam saat manusia sedang tidur, tentu kalian akan masuk ke dalam surga dengan penuh keselamatan.” (HR. Tirmidzi).

Jika keenam perbuatan ini dikerjakan dengan ikhlas maka Allah akan memberikan ganjaran yang setimpal atas perbuatan hambanya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *