Lantik Misba A. Wawo, Danny Pomanto: Bersama IKA Unhas Tak Ada Alasan Bulukumba Tidak Maju

Berita307 Dilihat

KABARIKA.ID, BULUKUMBA— Ketua Pengurus Wilayah IKA Unhas Sulawesi Selatan, Mohammad Ramdhan Pomanto melantik Ir. Misbawati A. Wawo, M.M sebagai Ketua Ikatan Alumni Unhas Daerah Bulukumba periode 2023-2027 di Ballroom Hotel Agri Bulukumba Sabtu, (16/2023), malam.

Pelantikan Misba berlangsung meriah ditandai dengan parade bendera 16 Fakultas yang sekaligus menggambarkan soliditas alumni Unhas di Bulukumba.

Danny Pomanto pun tak segan-segan memuji pelaksanaan pelantikan, terutama parade bendera fakultas yang memberi kesan teaterikal.

“Ini pelantikan terbaik. Saya baru melantik ada parade bendera. Pelantikan ini sangat luar biasa, Parade bendera tadi pertama kalinya dalam prosesi pelantikan. Terimakasih Ibu Misba,” ucap Danny.

Danny juga menyatakan apresiasi kepada Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf yang turut mendukung dan menyukseskan prosesi pelantikan IKA Unhas Bulukumba.

“Mengapa kita harus beralumni?” tanyanya. Ramdhan Pomanto lalu menjawabnya dengan penggabaran hierarki organisasi secara runtut..

IKA Unhas, kata Danny merupakan kumpulan para alumni Unhas yang berkomitmen untuk mengabdi ke almamater dan masyarakat.

Bersama alumni, nilainyak ada alasan Bulukumba tidak maju.

Filosofi alumni, urainya, ibarat pohon yang memiliki banyak buah, yang setiap buahnya memiliki manfaat bagi banyak orang.

“Jika ada buah dari pohon, dapat diumpamakan sebagai almamater maka kualitas pohon itu akan dinilai berdasarkan manfaat buahnya,” kata Walikota Makassar yang akrab disapa Danny.

Hal ini berarti, IKA Unhas berfungsi untuk dan kepada almamater, peduli terhadap alumni itu sendiri, dan peduli kepada .

Danny secara lugas mengurai konektivitas antara program Ketua Umum IKA Unhas Dr.Ir. Andi Amran Sulaiman, M.P: Kolaborasi Unhas untuk Negeri yang diterjemahkan oleh wilayah dengan berbagai inisiatif.

“Menjadi tugas kita di wilayah sebagai bagian IKA Pusat untuk membuat program yang mengacu pada progroram utama. Program IKA wilayah diterjemahkan oleh IKA Daerah dalam bentuk
aksi,” kata Danny.

Danny menyatakan bahwa IKA Unhas juga akan turut membantu pemerintah dalam menyukseskan pembangunan dan jalannya pemerintahan.

Di hadapan hadirin Danny mengungkapkan potensi wilayah yang berkaitan dengan karakter, sumber daya manusia, sumber daya alam dan potensi yang tersedia.

Berdasarkan hal tersebut IKA Wilayah melakukan pengembangan dan partisipasi alumni dengan pola klaster, yakni klaster pesisir, teluk, daratan, dataran tinggi dan pegunungan.

‘’Ini Bulukumba masuk dalam klaster pesisir dengan potensi perairan dan pariwisata luar biasa,” kata Danny.

IKA Bulukumba berkesempatan untuk mengabdi, apalagi 80 persen yang dilantik adalah ASN, tidak ada lagi alasan Bulukumba untuk tidak menjadi kabupaten termaju di Sulsel,” ungkap Danny.

Putra Putri Terbaik Bukuiumba

Dalam prosesi pelantikan itu juga turut hadir Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf bersama TP PKK Andi Herfida Attas

Dalam sambutannya Andi Utta sapaan Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan ucapan selamat kepada ketua IKA Unhas serta pengurus yang baru saja dilantik.

“Selamat pada akhirnya dilantik dan bersatu meskipun awalnya ada riak, begitulah Bulukumba kalau tidak ada riak bukan Bulukumba namanya,” kata Andi Utta yang disambut tepuk tangan dari peserta.

Andi Utta juga mengakui bahwa para pengurus IKA Unhas Bulukumba merupakan putra-putri terbaik Bulukumba yang dapat berkontribusi besar terhadap pembangunan di Kabupaten Bulukumba.

“Saya akan pertimbangkan bagaimana IKA Unhas Bulukumba ini menjadi Litbang untuk pembangunan di Bulukumba. Semua pengurus IKA Unhas Bulukumba saya kenal, mereka orang hebat semua,” ujarnya.

Menurut Andi Utta, selama ini pembangunan di Kabupaten Bulukumba minim kajian dan perencanaan, sehingga dengan adanya IKA Unhas Bulukumba sebagai Litbang pembangunan ke depannya akan lebih baik lagi.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada pengurus IKA Unhas Bulukumba yang baru saja dilantik,” tukasnya.

Kepastian Kerja

Sebelumnya, Ketua IKA Unhas Bulukumba, Hj. Misbawati A Wawo mengungkapkan bahwa IKA Unhas Bulukumba terbentuk dari niat tulus untuk mempersatukan semua alumni Unhas di Kabupaten Bulukumba.

Misbawati berharap keberadaan IKA Unhas Bulukumba dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi alumni, masyarakat, serta pemerintah Kabupaten Bulukumba.

“IKA Unhas ini akan membantu semua alumni Unhas di Bulukumba punya kepastian kerja, ini akan tertuang dalam program kerja kami.”

“Untuk di Pemkab, bisa membantu Pemkab dalam mencapai tujuan pembangunan di Kabupaten Bulukumba,” imbuh Andi Misbawati.

Pelantikan IKA Unhas Bulukumba dirangkai dengan Jalan Santai pada Ahad (17/9/2023) dengan hadiah motor dan hadiah lainnya.

Pelantikan pengurus Bulukumba dihadiri pengurus wilayah dan pengurus pusat.

Tampak hadir Hidayah Muhallim, Iqbal Arifin, Maqbul Halim, Harun Arrasyid, Sakka Pati, EmA Husain, Kamaruddin Azis, Anggi S. Ugart dan Sahman AT.

Mewakili  PP IKA Unhas, Suwardi Thahir, Muh. Ruslan, Mursalim Thahir, Ichi Indrawan dan Bau Irfan.(

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *