Kementerian Sosial Rilis Logo dan Tema Hari Pahlawan 2023, Pahami Makna Filosofisnya

Berita729 Dilihat

KABARIKA.ID, JAKARTA – Menyambut Hari Pahlawan 2023 yang jatuh pada 10 November mendatang, Kementerian Sosial (Kemensos) secara resmi merilis logo dan tema Hari Pahlawan yang akan menjadi pedoman bagi seluruh lembaga dan instansi dalam memperingati hari bersejarah tersebut.

Dalam Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan 2023 yang dikeluarkan oleh Kemensos disebutkan, bahwa Hari Pahlawan merupakan sebuah hari peringatan yang dirayakan untuk mengenang jasa dan pengorbanan pahlawan yang ditetapkan pemerintah Indonesia dan diperingati pada 10 November setiap tahunnya.

Hari Pahlawan erat kaitannya dengan peristiwa pertempuran Surabaya pada 1945.

Pertempuran Surabaya adalah konflik militer yang terjadi antara pasukan Indonesia dan pasukan Belanda.

Pertempuran ini merupakan salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Tema Hari Pahlawan tahun ini adalah “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah bahwa selain mengingat jasa para pahlawan, perlu juga ditanamkan semangat pahlawan bagi generasi sekarang.

Semangat para pahlawan itulah yang menjadi inspirasi dalam memerangi kemiskinan dengan menciptakan kesetaraan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan menginspirasi generasi muda untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Juga memerangi kebodohan dengan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pengetahuan dan literasi

Setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing, yang perlu terus dipertahankan oleh seluruh rakyat Indonesia untuk mengenang para pahlawan.

Sebagai bangsa, kita memiliki tanggung jawab untuk mewarisi semangat para pahlawan dalam upaya melanjutkan perjuangan mereka untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil, berpendidikan, dan sejahtera.

Hari Pahlawan adalah waktu yang tepat untuk merenungkan kontribusi kita dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan guna mengatasi kemiskinan dan kebodohan serta menjadikan masa depan bangsa Indonesia yang lebih adil, cerdas, dan makmur.

Logo sekunder Hari Pahlawan 2023. (Sumber: Kemensos RI)

Makna Logo Hari Pahlawan 2023

Laman Kemensos RI menyebutkan bahwa elemen grafis pada logo Hari Pahlawan 2023, terinspirasi dari anyaman yang merepresentasikan upaya dan kerja keras dalam menghubungkan dan menyatukan serat atau bahan-bahan yang berbeda menjadi satu kesatuan yang utuh.

Hal tersebut mencerminkan semangat perjuangan para pahlawan Indonesia dalam mempersatukan bangsa dan melawan penjajah.

Anyaman menggambarkan betapa pentingnya usaha bersama untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan.

Kemensos merilis dua logo Hari Pahlawan 2023, yaitu logo primer dan logo sekunder. Pada logo primer tema ditempatkan di sebelah kanan logo.

Sedangkan pada logo sekunder, tema ditempatkan pada bagian bawah logo.

Logo Hari Pahlawan 2023 berlatar belakang merah dan memiliki makna filosofis, sebagaimana dijelaskan dalam Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan 2023 yang dikeluarkan oleh Kemensos.

Matahari

Matahari melambangkan penerangan, mengingat bagaimana kehadirannya yang terang menerangi dunia dan memberikan harapan sama seperti pahlawan.

Saling Merangkul

Pahlawan adalah orang yang merangkul orang lain demi tercapainya tujuan bersama dan tidak hanya memikirkan diri sendiri.

Anyaman Bambu

Anyaman merupakan tradisi bangsa Indonesia yang banyak dijadikan sebagai usaha rakyat. Ini merupakan simbolisasi bagaimana ekonomi kerakyatan bisa membuat Indonesia tumbuh.

Makna filosofis logo Hari Pahwalan 2023. (Sumber: Kemensos RI)

Penetapan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959, tanggal 16 Desember 1959. (rus)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *