Unhas Career Expo 2023 Fasilitasi Pencari Kerja, 14 Perusahaan Buka Rekruitmen

Berita, Kabar Unhas484 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas menggelar kegiatan bertajuk Unhas Career Expo #2, di JK Arenatorium, Selasa (15/11/2023).

Kegiatan yang berlangsung dua hari itu (15-16/11/2023) menghadirkan agenda berupa Career Exhibition, Scholarship Exhibition, Walk in Interview, Career Seminar, Pameran Produk Wirausaha Mahasiswa, dan Bazar.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof drg Muhammad Ruslin, M.Kes, Ph.D, Sp.BM(K).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof drg Muhammad Ruslin, M.Kes, Ph.D, Sp.BM(K) saat membuka Unhas Career Expo #2, Selasa (15/11/2023) di JK Arenatorium. (Foto: Humas Unhas)

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Hubungan Alumni dan Pengembangan Dana Abadi, Dr. Andi Muhammad Akhmar, M.Hum, sejumlah wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaan, perwakilan Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan, dan Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar.

Ketua panitia yang juga Kasubdit Penyiapan Karier Unhas, Sahriyanti Saad, S.Hut, M.Si, Ph.D dalam laporannya mengatakan, gelaran Unhas Career Expo kali ini diikuti 14 perusahaan mitra strategis Unhas serta enam lembaga pemberi beasiswa.

“Unhas Career Expo menjadi agenda dua kali setahun dari Career Center Unhas. Kami berharap kegiatan ini tak hanya menjembatani mahasiswa dan alumni Unhas untuk mengembangkan karier, tapi semoga bisa memberikan manfaat lebih besar ke khalayak umum,” ujar Sahriyanti.

Sementara itu, Prof Ruslin dalam sambutannya menyebutkan bahwa angka partisipasi usia yang lanjut ke perguruan tinggi yang masih rendah. Untuk itu, Unhas sebagai institusi memfasilitasi masyarakat untuk melanjutkan kuliah.

Selain itu, Unhas juga berusaha mengembangkan kompetensi lulusan Unhas agar dapat bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.

“Mulai tahun ajaran 2023/2024, kami menerapkan kurikulum K23 dengan tujuan agar bisa membekali mahasiswa kompetensi di luar bidang studinya. Ada namanya Mata Kuliah Penguatan Kompetensi (MKPK), sebanyak 20 SKS yang dikhususkan untuk penguatan kompetensi di luar bidang studi,” ujar Prof Ruslin.

Prof Ruslin juga menyinggung soal perbedaan sistem rekruitmen zaman sekarang. Ia menerangkan bahwa setidaknya lulusan harus memiliki dua softskill karena penyedia lapangan kerja tidak lagi menjadikan IPK dan transkrip sebagai pertimbangan utama.

Unhas Career Expo hari pertama ini dipadati hingga seribuan pengunjung sejak pagi hingga sore hari.

Pengunjung juga antusias menyaksikan presentasi dari perusahaan dan juga penyedia beasiswa.

Adapun perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan adalah, Bank CIMB Niaga, FIF Group, Mr DIY, Micro Madani Institute, Indomobile, Telkomsel, Sinarmas, IMIP, Saba Indonesia, Multi Guna Artha, Siloam, dan Bank BJB.

Sementara untuk Scholarship Exhibition hadir Australia Awards Scholarship, Mata Garuda LPDP, Aminef, Kedutaan Malaysia, dan Jasso. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *