UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Belajar Manajemen Strategi Kelembagaan di Unhas

Berita, Kabar Unhas229 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Delegasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan kunjungan keja ke Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam rangka mempelajari dan memperdalam pemahaman tentang manajemen strategi kelembagaan perguruan tinggi.

Delegasi UIN Sunan Kalijaga dipimpin oleh Ketua Pusat Studi Manajemen Tinggi, Dr. H. Jarot Wahyudi, S.H., M.A dan diterima langsung oleh Sekretaris Unhas Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., Ph.D., di ruang rapat A, Gedung Rektorat lantai 4, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa (21/11/2023).

Dalam sambutannya, Sekretaris Universitas Prof Sumbangan menyampaikan ucapan selamat datang atas kunjungan delegasi UIN Sunan Kalijaga.

Pada kesempatan tersebut, Prof Sumbangan memberikan gambaran gamblang tentang proses transformasi Unhas menuju PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum).

Ketua Pusat Studi Manajemen Tinggi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. H. Jarot Wahyudi, S.H., M.A. menyerahkan cendera mata kepada Unhas yang diterima oleh anggota Senat Akademik Unhas, Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, M.T., di ruang rapat A, Gedung Rektorat lantai 4, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa (21/11/2023). (Foto: Humas Unhas)

Menurutnya, penerapan manajemen strategi menjadi salah satu landasan utama dalam mendukung pengembangan dan kemajuan perguruan tinggi, khususnya yang sedang bertransformasi menuju PTNBH.

“Manajemen strategi menjadi kunci untuk memastikan keberlanjutan dan relevansi institusi pendidikan tinggi di era yang terus berkembang. Kami tentu menyambut baik kunjungan dari UIN Sunan Kalijaga untuk saling bertukar pengalaman dan informasi untuk pengembangan tridarma,” ujar Prof Sumbangan.

Pada kesempatan tersebut, Jarot Wahyudi menyampaikan rasa senangnya atas sambutan hangat dari Unhas.

Menurut Jarot, Unhas merupakan kampus terbaik dengan berbagai capaian yang dimiliki, termasuk proses transformasi pengembangan pendidikan dari BLU ke PTNBH.

Delegasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta foto bersama dengan pihak Unhas usai pertemuan, di ruang rapat A, Gedung Rektorat lantai 4, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa (21/11/2023). (Foto: Humas Unhas)

Ia menuturkan, saat ini UIN Sunan Kalijaga tengah mempersiapkan dokumen yang diperlukan dan tentunya membutuhkan gambaran secara umum tentang proses transformasi menuju PTNBH.

“Maksud kunjungan kami, ingin mempelajari sekaligus bentuk persiapan dari BLU ke PTNBH. Kami ingin mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan, baik secara akademik maupun non-akademik. Pemerintah mengarahkan untuk kampus negeri menjadi lebih mandiri, sehingga harus dilakukan transformasi,” tandas Jarot.

Usai pemberian sambutan, kemudian dilanjutkan dengan paparan materi oleh Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, M.T., terkait “Manajemen Strategi Kelembagaan Perguruan Tinggi”.

Delegasi UIN Sunan Kalijaga berharap, melalui kunjungan tersebut pihaknya memperoleh informasi serta terjadi pertukaran ide dan pengalaman antara kedua perguruan tinggi.

UIN Sunan Kalijaga berupaya mengimplementasikan temuan dan pengalaman yang diperoleh dari kunjungannya ke Unhas ini, guna meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan diri menuju transformasi PTNBH. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.