Beri Motivasi kepada Pemuda, Presiden Jokowi Main Bola Bersama Pelajar di Biak Numfor

Berita538 Dilihat

KABARIKA.ID, PAPUA – Di tengah padatnya agenda dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Papua, Presiden Joko Widodo masih menyempatkan diri bermain sepak bola dengan pelajar di Biak Numfor, Rabu sore (22/11/2023).

Kehadiran Presiden Jokowi bermain bola bersama pelajar di Lapangan Sepak Bola Sorido, Kabupaten Biak Numfor, membuat suasana di lapangan tersebut lebih ramai dari biasanya.

Ratusan masyarakat berkumpul di sekeliling lapangan untuk menyaksikan permainan sepak bola antarpelajar yang juga diikuti oleh Presiden Jokowi bersama beberapa menteri.

Presiden Joko Widodo menendang bola dari depan gawang. (Foto: BPMI Setpres).

Menteri yang ikut main bola bersama Presiden Jokowi, di antaranya Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Mendagri Muhammad Tito Karnavian. Menteri tersebut berada dalam satu tim dengan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi yang mengenakan kaus berwarna putih dengan nomor punggung 23, tampak antusias bermain sepak bola bersama para pelajar.

Para pelajar yang berasal dari sejumlah sekolah di Kabupaten Biak Numfor tak mau kalah semangat dengan Presiden Jokowi, saat berusaha menggiring bola dan mencetak gol.

Hanya beberapa saat sejak permainan dimulai, Presiden Jokowi berhasil mencetak gol pertama.

Presiden Joko Widodo membubuhkan tanda tangan di atas kostum salah seorang pemain dari pelajar sesaat setelah bermain sepak bola bersama pelajar di Lapangan Sepak Bola Sorido, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Rabu sore (22/11/2023). (Foto: BPMI Setpres).

Keberhasilan Presiden Jokowi menjebol gawang lawan, sontak membuat masyarakat memberi dukungan semangat kepada Presiden Jokowi.

“Semangat Pak Jokowi,” teriak masyarakat yang tengah menonton.

Para pelajar pun tidak kalah semangat untuk mencetak gol. Hingga permainan berakhir, para pelajar berhasil menyamakan skor.

Di depan awak media usai permainan, Presiden Jokowi menuturkan bahwa tujuannya mengajak para pelajar bermain sepak bola bersama, adalah sebagai bentuk motivasi kepada bibit muda sepak bola di sana.

“Main bola tadi memotivasi agar anak-anak yang memiliki skill yang baik, itu bisa terdorong, termotivasi dengan baik,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada awak media usai bermain sepak bola bersama pelajar di Lapangan Sepak Bola Sorido, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Rabu sore (22/11/2023). (Foto: BPMI Setpres).

Presiden juga menjelaskan bahwa anak-anak yang memiliki skill dan potensi tersebut perlu dibangun sejak dini, agar nantinya dapat berkembang dan ikut bertanding di tingkat nasional hingga internasional.

“Memang bibit-bibit itu perlu dibangun dari yang paling bawah, usia dini, kemudian ada football academy untuk anak-anak dan remaja, sehingga nanti bisa masuk ke U-14, masuk ke U-17, bisa masuk ke U-20, dan seterusnya,” tandas Presiden Jokowi.

Presiden menilai bahwa pembinaan dari dasar tersebut betujuan untuk meningkatkan skill serta ketahanan fisik, agar nantinya dapat bermain sepak bola dengan lebih baik.

“Pembinaan itu memang harus dari dasar, dari bawah, untuk memperbaiki skill memperbaiki fisik, biar tahan main untuk dua ronde, plus mungkin tambahannya kalau fisiknya memang harus prima untuk main bola itu,” tegas Presiden Jokowi. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *