Bantuan Air Bersih dan Makanan dari Baznas Telah Diterima Warga Palestina di Gaza

Berita592 Dilihat

KABARIKA.ID, JAKARTA – Rakyat Palestina di Gaza dari segala umur tersenyum ceria dan bahagia saat menerima bantuan air bersih dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI.

Masyarakat Gaza berbondong-bondong mendatangi lokasi pembagian air bersih dengan membawa berbagai tempat penampungan, seperti botol plastik, galon jerigen.

Pembagian air bersih ini berjalan lancar dan aman karena masih dalam situasi gencatan senjata antara Hamas dan Israel.

“Alhamdulillah, bantuan dari para donatur melalui Baznas dapat diterima oleh masyarakat Palestina. Baznas telah menyalurkan sebanyak 15 tangki air bersih bagi masyarakat Palestina, khususnya di wilayah Gaza,” kata Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Bantuan kemanusiaan Baznas bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ), mitra, dan masyarakat Indonesia telah memasuki wilayah Gaza, Palestina. (Foto: Humas Baznas)

Baznas RI bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ), sejumlah perusahaan, komunitas, dan masyarakat Indonesia menyalurkan bantuan air bersih, makanan, perlengkapan tidur, termasuk pakaian untuk perempuan dan anak-anak bagi masyarakat Palestina.

Menurut Saidah, sejak pekan lalu, Baznas bekerja sama dengan lembaga lokal Palestina, yakni Women Center Althouri Silwan, menyalurkan bantuan tersebut sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat Palestina.

Pertengahan November lalu, bantuan seberat 50 ton yang dikirim oleh Baznas menggunakan kapal TNI AL telah tiba di Mesir.

Bantuan Baznas tersebut masuk ke wilayah Palestna di Gaza melalui pintu perbataran Mesir-Palestina di Rafah.

Perwakilan Egyptian Red Crescent (ERC) dr. Marwan mengatakan, sebanyak 600 truk bantuan kemanusiaan dari Indonesia telah masuk ke Gaza melalui gerbang Rafah, Mesir.

Ketua BAZNAS KH. Noor Achmad menuturkan informasi dari KBRI Kairo bahwa Duta Besar Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf menyaksikan bantuan masuk ke Gaza.

Menurut Kiai Noor, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI, KBRI Kairo, dan ERC untuk memastikan serta memantau pengiriman bantuan kemanusiaan ini berjalan dengan baik. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *