Unhas Kirim Tiga Tim Organisasi Mahasiswa ke Ajang Abdidaya Ormawa 2023

Prof Ruslin: Ini menjadi ajang pembuktian bahwa Organisasi Mahasiswa di Unhas juga mampu memperlihatkan prestasinya hingga ke ajang nasional.

Berita, Kabar Unhas201 Dilihat

KBARIKA.ID, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meloloskan tiga tim pada ajang Abdidaya Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tahun 2023. Kompetisi tersebut akan berlangsung di Universitas Jember, dari 7-9 Desember 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pokja Prestasi dan Kewirausahaan Unhas, Dr Suhasman, S.Hut, M.Si., Kamis (7/12/2023) di Kampus Unhas Tamalanrea.

Abdidaya Ormawa adalah salah ajang besar tingkat nasional yang digelar secara rutin oleh Ditjen Dikti Kemendikbudristek.

Ajang Abdidaya Ormawa melombakan program pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa.

Ketiga tim Unhas yang berkompetisi di arena Abdidaya Ormawa 2023, adalah tim Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (BEM FKM), tim Unit Kegiatan Mahasiswa Startup (UKM Startup), dan tim Himpunan Mahasiswa Statistika (Himastat).

Tim BEM FKM mengusung program Desa Sehat Winslow, yaitu pengembangan Desa Bulu Cindea, Pangkep sebagai desa sehat dalam upaya mendukung pencapaian SDGs.

Pengabdian yang dilakukan berupa penyuluhan stunting, demo masak MPASI, penyuluhan DBD, dan pelatihan pembuatan ovitrap; pelatihan pengolahan sampah organik dan nonorganik; pengembangan bank sampah serta penyuluhan jamban sehat dan STOP BABS, serta pendampingan masyarakat dalam pembuatan Instalasi Pengolahan Air Sederhana (IPAS).

Adapun luaran yang dihasilkan berupa; Permainan Kuartet Stunting dan Buku Panduannya; Buku Saku MP-ASI Berbasis Pangan Lokal; Modul Pembuatan MP-ASI Berbasis Pangan Lokal, dan Leaflet MP-ASI Berbasis Pangan Lokal.

Sementara itu, UKM Startup Unhas mengusung program pengabdian Rumah Olah, yaitu sistem pengolahan sampah sirkular berbasis aplikasi sebagai upaya peningkatan produktivitas dan optimalisasi potensi limbah organik di Desa Benteng Gajah, Maros.

Rumah Olah ini membentuk pusat pengolahan dan manajemen pengolahan sampah, memberdayakan masyarakat, serta menerapkan teknologi pengumpulan sampah melalui aplikasi olah.ind.

Sedangkan Himastat mengusung program bertajuk Sipakamaseta, yaitu pelayanan masyarakat berupa website dan pojok literasi digital untuk meningkatkan kapabilitas perangkat Desa Tamannyeleng, Kabupaten Gowa, dalam pengurusan administrasi secara digital.

Program ini juga melakukan beberapa kegiatan, seperti pelatihan desain grafis, Microsoft Word, Excel dan Power Point.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof drg Muhammad Ruslin, M.Kes, Ph.D, Sp.BM(K), mengapresiasi tiga tim Unhas yang berhasil lolos ke ajang Abdidaya Ormawa 2023.

“Untuk pertama kalinya Unhas meloloskan tim ke Abdidaya Ormawa. Ini menjadi capaian yang luar biasa dan semoga seluruh tim dapat mempersembahkan yang terbaik di ajang ini,” ujar Prof Ruslin.

Lolosnya tiga tim Unhas tersebut, lanjut Prof Ruslin, menjadi ajang pembuktian bahwa Organisasi Mahasiswa di Unhas juga mampu memperlihatkan prestasinya hingga ke ajang nasional.

Sebelum berangkat ke ajang Abdidaya Ormawa 2023, Tim Pokja Prestasi dan Kewirausahaan serta Tim Pokja Kepemimpinan dan Karakter Unhas telah melakukan serangkaian proses panjang sejak awal tahun 2023.

Ketua Pokja Prestasi dan Kewirausahaan Unhas, Dr. Suhasman mengatakan, dari 24 Ormawa yang mengajukan usulan, terpilih 12 tim yang diseleksi secara internal.

Setelah melalui serangkaian pendampingan intensif, akhirnya tujuh Ormawa berhasil meloloskan timnya untuk mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud.

“Ada tiga dari tujuh tim tersebut berhasil memukau reviewer dalam visitasi lapangan, sehingga dinyatakan lolos Abdidaya Ormawa,” tandas Dr SuhasmanKetua Pokja Prestasi dan Kewirausahaan Unhas, Dr Suhasman. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.