Pembangunan Markas Kodim IKN Dimulai, Presiden Jokowi: Desain Kodim IKN Memiliki Konsep Modern dan Hijau

Berita192 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – “Saya menyambut baik dimulainya pembangunan Kodim Ibu Kota Nusantara. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini pembangunan gedung Kodim IKN, saya nyatakan dimulai,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pernyataan Presiden Jokowi itu disampaikan saat melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan markas komando (Mako) Kodim Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (21/12/2023) di kawasan IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Menurut Presiden Jokowi, kantor Kodim IKN menempati lahan seluas 3,29 hektare dan dilengkapi dengan areal hunian personel, pos, hingga gudang amunisi.

Desain pembangunannya disesuaikan dengan visi IKN yang terintegrasi dengan ekosistem hutan.

“Kodim IKN ini harus didesain visi ke depan, modern, dan juga green building, sehingga nantinya Kodim-Kodim yang lain di seluruh Tanah Air bisa melihat bangunan kodim di IKN ini sebagai contoh,” ujar Presiden.

Pembangunan Kodim IKN ini mengusung tema bangunan hijau (green building), sesuai dengan konsep Forest City Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kodim IKN ini adalah Kodim Tipe A yang berarti akan dinakhodai seorang perwira menengah TNI AD berpangkat kolonel.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Kodim IKN ini akan bertanggung jawab melaksanakan tugas pengamanan.

Termasuk juga mendukung dan melindungi IKN dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan.

“Saya berharap keberadaan Kodim IKN ini akan membantu pemerintah dalam penyelenggaraan pembinaan ketahanan wilayah, dan menjaga IKN serta menegakkan kedaulatan negara,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden mengatakan, sebagai ibu kota negara dan pusat pemerintahan, IKN merupakan proyek vital nasional yang strategis, sehingga harus dipastikan keamanannya.

Dalam sambutannya, Presien Jokowi memberi arahan kepada para pekerja proyek Kodim IKN ini, agar tidak menebang terlalu banyak pohon dalam proses pembangunannya.

“Pohon-pohon di sekitar area pembangunan kantor Kodim IKN jangan banyak yang ditebang. Kalau bisa menghindari penebangan,” kata Presiden Jokowi.

Saat peletakan batu pertama pembangunan Kodim IKN Nusantara itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Mensekneg Pratikno, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *