Unhas Meraih Berbagai Prestasi dan Penghargaan karena Merupakan PTN Terbaik di Indonesia

Berita, Kabar Unhas170 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Selama tahun 2023 Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meraih sejumlah prestasi dan penghargaan yang mengagumkan. Rektor Unhas Prof Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc mengatakan, Unhas saat ini telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia berdasarkan sejumlah penghargaan yang diterimanya sepanjang tahun 2023 ini.

Pernyataan Rektor Unhas disampaikan saat menggelar jumpa pers dan bincang akhir tahun, Jumat (29/12/2023) di gedung Rektorat Unhas lantai 8, kampus Unhas Tamalanrea.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unhas yang sering disapa Prof JJ, didampingi oleh Sekretaris Unhas, Prof Ir. Sumbagan Baja, M.Phill., Ph.D, Kabag Humas Unhas, Dr. Ahmad Bahar, ST, M.Si, dan Kepala Kantor Sekretariat Rektor, Dr. Sawedi Muhammad, M.Sc.

Menurut Rektor Prof JJ, saat ini Unhas menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Unhas menempati peringkat ke-4 dalam total pelaksanaan IKU PTN seluruh Indonesia. Sedangkan pada pelaksanaan IKU 4, Unhas berada pada peringkat pertama.

Kabag Humas Unhas, Dr. Ahmad Bahar, ST, M.Si memberi pengantar saat memandu acara jumpa pers dan bincang akhir tahun Unhas, Jumat (29/12/2023) di gedung Rektorat Unhas lantai 8, kampus Unhas Tamalanrea. (Foto: M. Ruslan/kabarika)

Adapun pelaksanaan IKU 8, Unhas berada pada peringkat ke-4 di seluruh Indonesia.

“IKU yang dipakai sebagai subjek oleh Kemendikbudristek, tentu menteri kita yang paling tahu mana universitas yang memenuhi IKU ini. Unhas di situ berkibar benderanya, untuk IKU 4 kita itu nomor 1 seluruh Indonesia. Kita kalahkan (PTN) yang hebat-hebat,” ujar Rektor.

Capaian berdasarkan IKU yang diraih oleh Unhas, lanjut Prof JJ, mampu mengungguli sejumlah perguruan tinggi ternama di seluruh Indonesia.

“Ini menjadi penyemangat bagi anak-anak dari timur untuk tidak lagi merasa underdog, karena Unhas telah berhasil meraih posisi-posisi yang bergengsi dan tidak kalah dengan kampus lainnya,” ujar Rektor.

Ia mengatakan, Unhas kini sudah memiliki kapasitas yang cukup bagus. Dengan jumlah mahasiswa mencapai 50 ribu dan dosen lebih dari 2.000 orang menjadi peluang bagi Unhas untuk lebih meningkatkan berbagai prestasi lainnya.

“Sekumpulan medali ini bukanlah sebagai sasaran utama. Ini menjadi penghargaan dari lembaga-lembaga bahwa Unhas walaupun berada di timur, tetapi bisa bersaing di barat,” tandas Prof JJ.

Penghargaan yang diterima oleh Unhas selama 2023, antara lain SNI Award, SDGs Award, dan penghargaan dari KIP sebagai kampus Informatif.

Rektor menegaskan bahwa prestasi Unhas ini dinilai dari segi kebermanfaatannya, terutama untuk masyarakat. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.