Memahami Arti dan Sejarah Hari Introver Sedunia yang Diperingati Setiap 2 Januari

Berita, Inspirasi158 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Kegiatan menyambut tahun baru pada setiap 31 Desember malam selalu berlangsung meriah dengan beragam kegiatan, seperti menyanyi dan menyalakan kembang api. Kegiatan riuh rendah itu merupakan hal yang paling dihindari orang-orang introver.

Peringatan Hari Introver Sedunia (World Introvert Day) yang diperingati setiap tanggal 2 Januari, merupakan momentum yang tepat bagi masyarakat di seluruh dunia untuk lebih memahami dan menghargai orang-orang introver.

Hari Introver Sedunia dimulai ketika psikolog dan penulis Felicitas Heyne menerbitkan postingan blog yang menyerukan adanya satu hari tertentu yang tenang.

Heyne dalam artikelnya itu menegaskan, introver adalah minoritas yang disalahpahami.

“Kita hidup di dunia ekstrover dan introver sering kali terlihat sombong dan aneh. Padahal sebenarnya bukan, introver bekerja secara berbeda,” tandas Heyne.

Ia mengingatkan bahwa meskipun introver mungkin merupakan minoritas, namun mereka adalah mayoritas dalam populasi berbakat.

“Kebanyakan ilmuwan, filsuf, seniman, dan pemikir terkenal adalah orang yang introver. Introver membentuk dunia tempat kita tinggal,” ujar Heyne.

Meski demikian, kata Heyne, mereka juga harus menghadapi risiko kesehatan tertentu, masalah terkait pekerjaan, dan seringkali hubungan yang sulit.

“Mari kita luangkan waktu sejenak pada tanggal 2 Januari dan memikirkan tentang apa artinya menjadi seorang introver. Pemahaman yang lebih baik tentang introver akan membawa dunia menjadi lebih baik,“ tegas Heyne.

Dalam artikelnya itu, Heyne mengatakan bahwa sudah saatnya kesadaran dunia dipertajam terhadap keunikan orang-orang introver.

Felicitas Heyne, pencetus Hari Introver Sedunia. (Foto: suewpress.de)

Ia menyoroti beberapa diskriminasi yang dihadapi para introver karena sifat penyendiri mereka, dan menyayangkan kurangnya penghargaan terhadap para introver oleh masyarakat umum.

Heyne menyarankan agar Hari Introver Sedunia diperingati setiap 2 Januari. Tanggal tersebut berselang satu hari setelah Tahun Baru.

Tanggal itu dipilih karena mulai hari Natal dan berakhir pada Tahun Baru, para introver di seluruh dunia sedang menarik napas dalam-dalam. Mereka merasa sangat kelelahan setelah menghadapi musim liburan yang menguras tenaga dan pikiran.

Heyne menjelaskan, konsep Hari Introver Sedunia muncul dari hasratnya untuk mengakui dan merayakan kualitas unik orang-orang introver.

Sangat penting untuk menawarkan hari khusus yang membuat para introver merasa diakui dan dipahami di dunia yang didominasi oleh ekstrover.

Berapa persentase manusia yang introver di dunia? Sulit untuk memberikan persentase pasti dari introver, karena introver dan ekstrover ada dalam satu spektrum.

Kebanyakan orang tidak sepenuhnya ekstrover atau introver. Namun penelitian dari sampel global MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) mengungkapkan bahwa 56,8% orang di dunia condong ke arah introver.

Peringatan Hari Introver Sedunia tahun 2024 mengangkat tema, Celebrating the Power of Introverts (Merayakan Kekuatan Para Introver).

Lini Masa Introver Sedunia

Tahun 1921: Carl Jung mendefinisikan introver dalam bukunya Psychological Types yang mengonseptualisasikan introver dan ekstrover.

Tahun 1942: konsep Indikator Tipe Briggs-Myers (ITBM) lahir yang terinspirasi oleh tulisan Carl Jung, karya Katharine Briggs dan putrinya, Isabel Briggs Myers, dalam tes kepribadian yang mengarah pada penciptaan yang populer. ITBM sekarang menjadi MBTI.

Sumber: shutterstock.com

Tahun 2012: Hari Introver Sedunia yang pertama. Pada 2 Januari Felicitas Heyne membuat postingan blog yang menganjurkan adanya satu hari tertentu untuk merayakan introver di seluruh dunia.

Tahun 2019: Felicitas Heyne menerbitkan buku berjudul Happily Introverted Ever After (Bahagia Introver Selamanya). Heyne menulis buku itu untuk membantu para introver mengatasi masalah mereka dan mengembangkan potensi mereka yang sebenarnya.

Kegiatan di Hari Introver Sedunia

1. Tinggal di rumah
Ini adalah hari yang tepat untuk membatalkan menghadiri pesta yang teman Anda laksanakan. Di Hari Introver Sedunia bisa tinggal meringkuk di tempat tidur dengan segelas kopi sambil menonton film favorit Anda.

2. Berjalanlah dengan Tenang dan Santai
Luangkan waktu untuk berjalan-jalan di lingkungan yang sepi. Ajaklah hewan peliharaan Anda dan nikmati kedamaian dan ketenangan. Ini adalah kesempatan sempurna untuk merefleksi diri.

3. Ciptakan Sesuatu
Introver paling produktif ketika mereka sendirian. Pilih Hari Introver Sedunia untuk mewarnai dunia dengan kreativitas Anda. Tulis puisi, lukis sesuatu, atau gunakan bakat Anda untuk menghadirkan lebih banyak kegembiraan bagi dunia. (*/rus)

#WorldIntrovertDay

#introver

#ektrover

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.