Tahukah Anda Kalau Hari ini Diperingati sebagai Hari Mengetik Sedunia? Apa Pentingnya?

Berita, Inspirasi765 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Penemuan mesih ketik pada abad ke-18 atau awal abad ke-19 sesunggunya telah merevolusi cara orang menyimpan atau mengirim pesan dalam bentuk tulisan.

Konsep mesin ketik sudah ada sejak tahun 1714, ketika Henry Mill dari Inggris mengajukan paten dengan kata-kata yang tidak jelas untuk “mesin atau metode mencetak huruf secara tunggal atau bertahap satu demi satu.”

Namun mesin ketik pertama yang terbukti berfungsi dibuat oleh Pellegrino Turri dari Italia pada 1808 untuk temannya yang buta, Countess Carolina Fantoni da Fivizzano.

Mesin ketik kemudian mengalami perkembangan luar biasa seiring dengan kemajuan teknologi dan peradaban manusia.

Penemuan komputer telah membuktikan bahwa kegiatan mendokumentasikan pemikiran dan pengetahuan, seluruhnya dilakukan dengan kegiatan mengetik.

Kini, dengan kehadiran media sosial yang berbasis android, kegiatan mengetik setiap saat dalam berbagai bentuk dan tujuan komunikasi, telah menjadi “kewajiban” bagi setiap orang di seluruh dunia.

Mengetik menggunakan beragam perangkat untuk berbagai tujuan, dilakukan hampir setiap orang setiap saat di seluruh dunia, baik di kantor maupun di rumah. (Foto: clevelandclinic.com)

Semua itu adalah sebuah terobosan, bukan? Lompatan luar biasa yang umat manusia telah capai dalam keterampilan komunikasi dan menulis, adalah sesuatu yang patut dirayakan.

Namun, tahukah Anda jika ada Hari Mengetik Sedunia yang diperingati setiap tahun?

Sejarah Hari Mengetik

Ide awal munculnya Hari Mengetik (Typing Day) dipelopori oleh Team TAC (Typo Auto Corrector) di Malaysia. Tim ini terdiri dari Jay Chong Yen Jye, Nicholas Koay Zhen Lin dan Edwin Khong Wai Howe yang merupakan pemenang Kategori Business Plan MSC Malaysia-IHL Business Plan Competition (MIBPC) 2010/2011.

Untuk mendorong masyarakat, khususnya generasi muda dalam mengetik dan belajar bahasa Inggris yang benar, Team TAC menetapkan perayaan Hari Mengetik Sedunia (World Typing Day).

Tim juga mengembangkan SecondKey, sebuah program komputer yang secara otomatis memperbaiki ejaan bahasa Inggris yang salah di hampir semua antarmuka penulisan ketik online dan offline.

Tanggal 8 Januari dipilih sebagai hari observasi karena jatuh satu minggu setelah tahun baru. Itu memberikan waktu yang tepat bagi setiap orang untuk memikirkan dan merencanakan resolusi mereka dan mengetiknya atau menuliskannya.

Hari Mengetik Sedunia yang pertama diperingati pada 8 Januari 2011 dan diperingati setiap hari sejak saat itu.

Kontes Mengetik Cepat di Malaysia yang diadakan pada 2011, merupakan acara pertama yang mengukuhkan Hari Mengetik Sedunia sebagai tambahan penting pada kalender di seluruh dunia.

Hari ini, kita bahkan tidak memikirkannya. Kita mengeluarkan ponsel atau masuk ke email di desktop, atau mengetik di laptop dan sebagainya.

Semua itu untuk melakukan satu hal: mengetikkan kata-kata untuk mengomunikasikan pesan, perasaan, atau narasi.

Mari kita memutar jarum jam waktu sejenak. Mesin ketik komersial pertama diperkenalkan pada 1874. Enam tahun kemudian baru digunakan secara luas di perkantoran pada pertengahan tahun 1880-an.

Menyusul penemuan ini, mengetik sebagai bentuk seni dan keterampilan penting dalam dunia yang terus berubah, sangat dicari oleh banyak pedagang, pebisnis, dan penerbit.

Hal ini menciptakan jutaan lapangan kerja di seluruh dunia dan mengajarkan generasi bagaimana mengetik, menyusun dokumen tertulis yang ringkas dan informatif, serta mengembangkan cara komunikasi tertulis yang benar-benar baru.

Lini Masa Hari Mengetik Sedunia

Menulis Ditemukan (Tahun 3100 SM)
“Palet Narmer” ditemukan di Mesir dan berisi beberapa bentuk tulisan pertama yang dikenal manusia.

Lebih Banyak Bukti dari Kata-kata Tertulis (Tahun 1900 SM)
Aksara Indus, simbol yang terkait dengan Peradaban Lembah Indus di Pakistan dan India Utara, ditemukan dan masih belum teruraikan hingga saat ini.

Mesik Ketik tak Bersuara (Tahun 1930-an)
Mesin tik portabel yang tak bersuara menjadi best seller dan terus diproduksi hingga tahun 1960an.

Komputer untuk Semua Orang (Tahun 1980-an)
Mesin ketik menjadi perlengkapan standar di kantor.

Layar sentuh (Tahun 2009)
IPhone generasi pertama ditemukan dan dirilis ke pasar, selamanya mengubah cara kita mengetik, khususnya di ponsel.

Mengetik Perayaan (Tahun 2011)
Hari Mengetik Sedunia diperingati untuk pertama kalinya di Malaysia.

Pentingnya Hari Mengetik Sedunia
Setiap orang akan memiliki waktu untuk berpikir dan merencanakan apa yang ingin mereka lakukan untuk beberapa hari ke depan dan mendaftar pada hari ini.

Misalnya, dokumen dan gagasan seperti resolusi tahun baru, kumpulan gagasan, pendapat tahun lalu, visi, misi, tujuan tahun ini, dan sebagainya.

Untuk semua itu, Anda harus mempunyai kemampuan dalam satu hal, yaitu mengetik. Oleh karena itu, Hari Mengetik Sedunia penting untuk menginspirasi Anda menguasai keterampilan mengetik dan meningkatkan kecepatan mengetik Anda.

Fakta Menarik tentang Mengetik

Ada beberapa fakta menarik tentang mengetik yang dapat menambah pengetahuan saat kita memperingati Hari Mengetik Sedunia hari ini.

1. Mesin ketik pertama yang sukses secara komersial dipatenkan sekitar 156 tahun yang lalu, tepatnya pada 1868 oleh Sholes, Glidden dan Soule.

2. Sholes dan Glidden juga dikenal sebagai perancang keyboard QWERTY pertama pada 1873.

3. Rekor dunia mengetik alfabet bahasa Inggris dari A sampai Z adalah 1,36 detik.

4. Waktu tercepat untuk mengetik teks 103 karakter tertentu pada keyboard menggunakan hidung adalah 40,19 detik.

5. Seorang juru ketik terlatih rata-rata menggunakan tangan kiri untuk 56 persen pengetikan. (*/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *