Rektor Unhas dan Presiden Northern Illinois Teken MoU Kerja Sama di Bidang Pendidikan dan Penelitian

Berita, Kabar Unhas132 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. menerima kunjungan kerja Presiden Northern Illinois University (NIU), Dr. Lisa Freeman beserta rombongan, Senin (8/01/2024) di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Unhas lantai 2, Kampus Unhas Tamalanrea.

Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama di bidang penelitian, pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.

Untuk memperkuat kolaborasi dan kerja sama tersebut, pimpinan kedua universitas menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU), sebagai panduan dalam melakukan kegiatan kolaboratif antara Unhas NIU.

Rektor Unhas Prof. JJ dalam sambutannya mengatakan, kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi kedua institusi.

Ia juga menyoroti pentingnya kolaborasi dalam meningkatkan mutu pendidikan, pengembangan penelitian, dan kontribusi positif pada masyarakat.

Dalam menjalankan kerja sama tersebut, lanjut Prof JJ, perlu adanya nilai-nilai saling menghargai, saling memahami, dan saling mendukung sebagai fondasi penting bagi keberhasilan kerja sama lintas negara ini.

“Momentum ini mencerminkan tekad kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta komitmen untuk membangun jembatan penghubung antar-budaya,” ujar Rektor Prof JJ.

Ia berharap, kolaborasi ini akan menghasilkan proyek-proyek penelitian dan pendidikan yang inovatif serta memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. menyerahkan cendera mata kepada Presiden NIU, Dr. Lisa Freeman usai kedua belah pihak melakukan pembicaraan mengenai kerja sama, Senin (8/01/2024) di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Unhas lantai 2, Kampus Unhas Tamalanrea. (Foto: Humas Unhas)

Sementara itu, Presiden NIU Dr. Lisa Freeman menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas sambutan Unhas dalam kerja sama ini.

Freeman melihat potensi besar dalam kolaborasi ini melalui program kerja sama yang akan dilakukan untuk membangun jejaring akademis yang kuat.

Dalam diskusi yang berlangsung, para unsur pimpinan kedua universitas tersebut membahas implementasi kolaborasi saat ini, dan merancang langkah-langkah untuk menjelajahi lebih banyak kerja sama di masa depan.

Bidang-bidang yang akan dikerjakan secara kolaboratif, seperti pengembangan proyek bersama, pertukaran pengetahuan, dan peningkatan dalam bidang penelitian.

Kedua belah pihak sepakat bahwa kerja sama ini bukan hanya tentang pertukaran pengetahuan, melainkan juga membangun jembatan untuk pemahaman lintas budaya dan meningkatkan kualitas pendidikan global.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof. Dr. Akin Duli, MA dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unhas, Prof. Dr. Phill Sukri, beserta Direktur Eksekutif Global Initiative NIU, Prof.Dr. Eric Jones dan Dekan NIU College of Liberal Arts and Science, Dr. Bob Brinkmann.

Turut mendampingi Rektor Unhas pada acara tersebut adalah jajaran Wakil Rektor dan Sekertaris Universitas, Ketua Lembaga, Direktur, serta para Dekan Fakultas lingkup Unhas.

Sedangkan delegasi NIU yang turut mendampingi Presiden NIU Dr. Lisa Freeman, adalah Prof. Dr. Eric Jones sebagai Executive Director of Global Initiatives, Prof. Dr. George Middlemist sebagai Chief Financial Officer, dan Dr. Bob Brinkmann sebagai Dekan NIU College of Liberal Arts and Sciences. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.