Presiden Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Negara di IKN, Berkapasitas 61 Ribu Jemaah

Berita62 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan masjid negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Masjid ini nantinya berkapasitas 61 ribu jemaah.

Presiden Jokowi menyebutkan, nilai konstruksi masjid negara ini mencapai Rp 940 miliar. Masjid ini juga dilengkapi infrastruktur kawasan seperti lahan, jalan dan jembatan.

“Nilai konstruksinya sebesar Rp 940 miliar. Memang sangat besar sekali masjid ini nanti. Masjid ini juga dilengkapi dengan infrastruktur kawasan, seperti landskap, utilitas kawasan, jalan dan jembatan,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya, Rabu (17/01/2024) di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi menyebut sekeliling bangunan masjid tersebut akan dikelilingi air dengan dibuatkan embung buatan untuk memoles eksterior masjid, sehingga membuat masjid ini tidak hanya terlihat indah dari dalam.

Pembangunan masjid negara ini ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. “Saya dibisiki bisa selesai akhir tahun ini,” ujar Presiden Jokowi.

Rancangan desain Masjid Negara dengan kubah berbentuk sorban, merupakan karya seniman patung Nyoman Nuarta dari Bali. (Foto: kbrn)

Kepala negara mengatakan bukan hanya masjid sebagai rumah ibadah yang akan dibangun di IKN, tetapi juga rumah ibadah yang lain.

Presiden Jokowi menegaskan, nantinya akan ada pembangunan gereja katedral, wihara, pura, hingga klenteng.

Presiden Jokowi yang akan mengakhiri masa jabatan keduanya pada akhir tahun ini berharap, masjid negara di IKN ini akan merepresentasikan kemajemukan Indonesia sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Yang ini akan menunjukkan betapa kita ini sangat beragam, tetapi kerukunan tetap terus kita jaga untuk membangun persatuan di negara kita,” kata Presiden Jokowi.

Selain itu, masjid negara ini akan menjadi tempat yang nyaman bagi umat muslim untuk melakukan berbagai aktivitas keagamaan, sosial, budaya, dan sebagainya.

Juga akan menjadi simbol untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama di Ibu Kota Nusantara.

Rancangan desain Masjid Negara dengan kubah berbentuk sorban ini, merupakan karya seniman patung Nyoman Nuarta dari Bali.

Sebelumnya pada hari ini juga, Presiden Jokowi juga meletakkan batu pertama pembangunan Nusantara Logistics Hub and Services di IKN.

Kepala negara berharap proyek sinergi antara PT Pos Indonesia dan PT Bina Karya Persero mendukung keberadaan IKN sebagai superhub dan kehadiran perusahaan jasa logistik. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.