Menhan RI Prabowo Subianto Lepas Keberangkatan Kapal Rumah Sakit TNI Bawa Bantuan untuk Rakyat Palestina

Berita, Inspirasi975 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dengan didampingi Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, melepas keberangkatan Kapal Rumah Sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 untuk melaksanakan pelayaran muhibah (Port Visit) ke Mesir dengan membawa bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina di Gaza.

Pelepasan KRI dilaksanakan di Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (18/01/2024).

Bantuan kemanusiaan yang diangkut berupa bahan makanan, selimut, pakaian, perlengkapan bayi, pakaian wanita, susu, tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, perlengkapan ibadah, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Menhan Prabowo dalam sambutannya menyampaikan keprihatinan yang mendalam terhadap penderitaan luar biasa yang dialami oleh rakyat Gaza, akibat serangan yang dilancarkan IDF Israel yang sudah di luar batas kemanusiaan dan tanpa memperhatikan hukum internasional.

“Saya mengucapan selamat bertugas kepada saudara-saudara yang akan melewati kawasan laut yang berbahaya. Meskipun kita bukan negara yang terlibat dalam perang, namun kita memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan terhadap saudara-saudara kita di Palestina,” ujar Menhan Prabowo.

Menhan RI Prabowo Subianto melepas tambatan tali kapal saat melepas keberangkatan Kapal Rumah Sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 menuju Mesir, Kamis (18/01/2024) di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Foto: Ist.)

Kapal Rumah Sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 dipimpin oleh Komandan Kapal, Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono.

Kepada para awak kapal, Menhan Prabowo berpesan mengenai pentingnya kewaspadaan dan solidaritas dalam menjalankan tugas kemanusiaan ini.

“Saya yakin dan percaya, Komandan Satgas dan Komandan Kapal akan memimpin saudara-saudara dengan sebaik-baiknya. Tingkat latihan, disiplin, dan semangat saudara-saudara akan membawa kesuksesan dalam menyelesaikan tugas ini,” tandas Menhan Prabowo.

Selain itu, Menhan Prabowo juga berpesan kepada seluruh awak kapal agar menjaga kehormatan dan nama baik bangsa Indonesia dan TNI.

“Ingat, saudara mewakili seluruh bangsa Indonesia. Jaga kehormatan TNI, jaga kehormatan Angkatan Laut yang kita banggakan dan dicintai seluruh rakyat Indonesia,” pesan Menhan Prabowo.

Menhan juga tak lupa mendoakan keselamatan KRI beserta komandan dan seluruh awak kapal.

“Semoga Allah Swt. melindungi KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 dan seluruh awak kapalnya. Sampai kita jumpa kembali di tanah air,” ucap Prabowo.

Pelayaran KRI dr. Radjiman akan menempuh rute Jakarta-Belawan-Al Arisi (Mesir)- Jeddah-Batam dan kembali lagi ke Jakarta.

Pelayaran KRI dr. Radjiman dalam mengemban misi kemanusiaan ini diperkirakan memakan waktu 52 hari, hingga kembali ke tanah air.

Hadir dalam upacara pelepasan Kapal Rumah Sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 itu, adalah Sekjen Kemhan, Donny Ermawan Taufanto., M.D.S., M.S.P.; Pangkogabwilhan I, Laksda TNI Agus Hariadi; Rektor Universitas Pertahanan (Unhan), Mayjen TNI Jonni Mahroza; Komandan Pushidrosal, Laksamana Madya TNI Budi Purwanto; Kabaranahan Kemhan, Marsda TNI Yusuf Jauhari, M.Eng; dan Panglima Kolinlamil, Laksma TNI Hudiarto Krisno Utomo, M.A, M.M.S, P.S.C (JOINT), CHRMP. (rus)

#MenhanRI

#Prabowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *