Dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Menko PMK Pastikan Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Tepat Sasaran

Berita87 Dilihat

KABARIKA.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Menko PMK) Muhadjir Effendy, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, untuk memastikan penyaluran bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tepat sasaran.

“Saya ke sini untuk memastikan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dari Presiden tepat sasaran. Kedua, saya ingin mengecek program-program yang dikoordinasikan oleh Kemenko PMK dilaksanakan di sini,” ujar Menko PMK Muhadjir Effendy di Jakarta, Kamis (29/02/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Menko PMK menyerahkan secara simbolis bantuan CPP, bingkisan tambahan makanan untuk keluarga dengan anak stunting, dan ibu hamil dengan risiko Kurang Energi Kronis (KEK), bantuan alat bantu untuk penyandang disabilitas, dan santunan dana duka, bertempat di di Desa Jati Mulyo I.

Jumlah keseluruhan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) CPP tahun 2024 di Kabupaten OKU Timur sebanyak 39.793 keluarga.

Jumlah tersebut terdapat di Kecamatan Belitang Madang Raya sebanyak 2.565 keluarga, di Desa Jati Mulyo I sebanyak 137 keluarga, dan di Desa Lubuk Harjo sebanyak 158 keluarga.

Jumlah KPM bantuan CPP di seluruh Indonesia sebanyak 22 juta keluarga. Sebanyak 39 ribu pertama diserahkan ke Kabupaten OKU Timur, Sumatra Selatan.

Menko PMK Muhadjir berharap, hadirnya bantuan ini mampu mengurangi beban pengeluaran masyarakat kurang mampu.

“Bantuan CPP merupakan upaya pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat kurang mampu akibat dampak El Nino,” ujar Muhadjir.

Selain itu, bantuan CPP juga merupakan intervensi dari strategi penanganan Kemiskinan Ekstrem untuk pengurangan beban pengeluaran.

Badan Pangan Nasional (Bapanas) melalui Perum Bulog menyalurkan bantuan berupa 10 kilogram beras untuk setiap KPM yang dimulai dari Januari.

Selain menyerahkan bantuan CPP kepada KPM, Menko PMK Muhadjir juga mengecek proses pelayanan dan pemasangan alat KB yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur, di Kantor Desa Jati Mulyo I.

Turut mendampingi Menko PMK dalam kunjungan tersebut, yakni Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah, Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugaraha Purnyudha, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK Nunung Nuryartono, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Budiono Subambang, dan jajaran Forkopimda Kabupaten OKU Timur. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *