Mentan Siapkan Benih, Pupuk Hingga Mekanisasi Untuk Tingkatkan Produksi Petani

Berita121 Dilihat

KABARIKA.ID, BANYUASIN – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memastikan para petani di Desa Sumber Urip, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan akan mendapat bantuan benih unggul, pupuk hingga prasarana alat mesin pertanian atau mekanisasi.

Menurut Amran, pembagian benih gratis ini hanya berlaku selama 3 bulan ke depan dan diharapkan mampu memperkuat produktivitas hingga menekan kebijakan impor.

“Yang tanam cepat akan kami berikan benih gratis selama 3 bulan ke depan. Kami siapkan 2 juta hektare di seluruh Indonesia secara gratis,” ujar Mentan Amran saat berkunjung ke Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat, 1 Februari 2024.

Mentan mengatakan, saat ini Presiden sudah menyiapkan berbagai dukungan terhadap jalannya pembangunan pertanian masa depan bangsa. Di antaranya penambahan anggaran pupuk yang naik dua kali lipat.

“Bapak Presiden sudah menambahkan pupuk 2 kali lipat nilainya naik 40 triliun. Itu kami sampaikan kepada bapak presiden atas masukan dari petani, termasuk dari para bupati,” katanya.

Selain itu, kata Mentan, pemerintah juga telah menyiapkan program pompa dan pipa untuk memenuhi kebutuhan air yang didatangkan dari sungai-sungai terdekat. Dia ingin, masalah air dapat dipenuhi secara cukup sehingga ke depan petani bisa berproduksi setiap hari.

“Mimpi besar kita semua sungai airnya kita jadikan pangan, karbohidrat dan sumber pangan lain. Karena itu harus dipompa. Yang penting petani mau tanam dan yang ada sawah kami beri gratis pompanya,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *