Apa Itu Hari Arsitektur Informasi Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 5 Maret?

Salah satu misi Hari Arsitektur Informasi Sedunia adalah membangun dan menghubungkan komunitas global pendukung dan praktisi arsitektur informasi.

Berita, Inspirasi285 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Hari Arsitektur Informasi Sedunia atau World Information Architecture Day adalah perayaan satu hari oleh para sukarelawan di berbagai lokasi, untuk menginspirasi diskusi global tentang arsitektur informasi dan penerapannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Melansir laman Nationaltodaya, Hari Arsitektur Informasi Sedunia yang diperingati setiap tahun pada 5 Maret, memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk mempelajari struktur arsitektur informasi, dan bagaimana kita dapat terhubung untuk memudahkan orang menemukan, memahami, dan menggunakan informasi yang mereka butuhkan.

Salah satu misi Hari Arsitektur Informasi Sedunia adalah membangun dan menghubungkan komunitas global pendukung dan praktisi arsitektur informasi. Oleh karena itu, jadilah bagian dari komunitas global ini untuk mempromosikan peran arsitektur komiunikasi di berbagai bidang.

Sejarah Hari Arsitektur Informasi Sedunia

Ada banyak definisi mengenai arsitektur informasi, tergantung pada bidangnya. Richard Saul Wurman, seorang arsitek dan desainer grafis, adalah orang yang pertama kali menggunakan kata ‘informasi’ dan ‘arsitektur’ secara bersamaan pada 1976.

Menurut Wurman, seorang arsitek informasi adalah individu yang mengatur pola-pola yang melekat dalam data, menjadikan kompleksitasnya menjadi jelas; atau seseorang yang menciptakan struktur atau peta informasi yang memungkinkan orang lain menemukan jalur pribadinya menuju pengetahuan.

Arsitektur informasi dapat pula dipahami sebagai pekerjaan profesional abad ke-21 yang lahir untuk memenuhi kebutuhan zaman yang berfokus pada kejelasan, pemahaman manusia, dan ilmu pengorganisasian informasi.

Kompleksitas struktur arsitektur informasi yang memungkinkan kita mengetahui antara informasi yang benar dan misinformasi. (Foto: uxbooth.com)

Berdasarkan definisi tersebut, arsitektur informasi dapat dirumuskan sebagai susunan pola-pola penting dalam data agar informasi yang kompleks dapat dipahami. Ini adalah struktur atau peta fakta yang memungkinkan orang mencari informasi spesifik yang mereka butuhkan.

Arsitektur informasi juga menjadi sarana untuk menjawab kebutuhan di era saat ini yang mengutamakan kejelasan, pemahaman manusia, serta ilmu pengorganisasian informasi.

Ini adalah tindakan membuat informasi dapat ditemukan. Salah satu contohnya adalah navigasi web pada sebuah website yang membantu kita menemukan informasi tertentu. Namun, navigasi web tidak sama dengan arsitektur informasi, tetapi merupakan salah satu implementasi dari arsitektur informasi.

Di dunia yang memiliki begitu banyak informasi, artitektur informasi dapat membantu kita memilah mana yang kredibel dan mana yang disinformasi.

Lini Masa Hari Arsitektur Informasi Sedunia

Jejak sejarah Hari Arsitektur Informasi bermula pada 1976 ketika Richard Saul Wurman menggunakan kata ‘informasi’ dan ‘arsitektur’ secara bersamaan. Puncaknya ketika dinyatakan dunia terkoneksi melalui tema ‘A Connected World,’ pada peringatan Hari Arsitektur Informasi pada 2022.

Diagram (diadaptasi dari Nationaltoday): Muh. Ruslan/kabarika

 

Contoh dan Komponen Arsitektur Informasi

Salah satu contoh cara kerja arsitektur informasi dalam kehidupan sehari-hari adalah signage (rambu) di bandara atau peta navigasi kereta bawah tanah merupakan.

Untuk menjadi seorang arsitek informasi, Anda harus memiliki pengalaman dalam menulis, desain grafis, atau desain web, serta pelatihan formal di salah satu bidang tersebut.

Adapun komponen arsitektur informasi, terdiri dari sistem organisasi, sistem pelabelan, sistem navigasi, dan sistem pencarian.

Tema Hari Arsitektur Informasi Sedunia 2024

Tema peringatan Hari Arsitektur Informasi Sedunia tahun 2024 sangat singkat, hanya satu kata: “Konteks”.

Konteks ada di sekitar kita. Ini membentuk makna dalam semua jenis komunikasi. Tanpa konteks, Anda tidak dapat berkomunikasi secara efektif. Tanpa konteks, Anda tidak dapat memahami maknanya.

Konteks merupakan hal mendasar dalam cara kita memahami orang, situasi, dan gagasan. Konteks menginspirasi perasaan, pemikiran dan keyakinan kelompok dan individu. Ini adalah informasi latar belakang yang memungkinkan orang membuat keputusan yang tepat.

Lima Fakta tentang Richard Saul Wurman

Richard Saul Wurman (kiri) salah seorang pendiri TED pada 1984. (Foto: linkedin.com)

1. Dia telah menerbitkan banyak buku
Wurman telah menerbitkan 100 buku tentang berbagai topik, seperti sepak bola, kesehatan, dan Olimpiade.

2. Dia lulus dengan penghargaan tertinggi
Wurman lulus dari Universitas Pennsylvania dengan penghargaan tertinggi pada 1959.

3. Dia ikut mendirikan TED
Wurman mendirikan TED (Technology, Entertainment, Design) bersama Harry Marks pada Februari 1984 sebagai sebuah konferensi.

4. Istrinya juga seorang penulis
Istrinya, Gloria Nagy, adalah penulis 12 buku terlaris internasional.

5. Dia ikut menulis Urban Atlas: 20 Kota Amerika
“Urban Atlas: 20 American Cities,” atlas statistik komparatif pertama dari kota-kota besar di Amerika, ditulis bersama oleh Wurman.

Arti Penting Hari Arsitektur Informasi Sedunia

1. Ini adalah kesempatan untuk berbagi pengetahuan penting
Peringatan ini diadakan setiap tahun di seluruh dunia, ini merupakan waktu terbaik untuk berbagi pengetahuan dan mempelajari lebih lanjut tentang arsitektur informasi. Berinteraksi dengan orang lain di bidang ini adalah kesempatan terbaik untuk berbagi perspektif.

2. Momentum meningkatkan kesadaran
Arsitektur informasi merupakan hal yang penting untuk dipahami. Hal ini dapat membantu kita memilah informasi, mana sumber yang kredibel dan mana yang disinformasi, terutama di dunia saat ini yang dibanjiri informasi setiap saat.

3. Memberikan kesempatan untuk terhubung secara global
Hari Arsitektur Informasi Sedunia memberi kita kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang dan berbagi informasi secara global. Jangkauan yang luas ini memberikan dampak yang lebih besar bahkan pada tingkat masyarakat. (*/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *