OLIVIA ke-9 Tahun 2024 Digelar di Unhas, Ajang Bergengsi Insan Vokasi Tunjukkan Karya Kreatif dan Inovatif

Berita, Kabar Unhas280 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin (Unhas) menjadi tuan rumah Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) ke-9 tahun 2024 yang dihelat pada 18-19 Juli 2024.

OLIVIA merupakan kompetisi nasional bagi mahasiswa vokasi dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia yang berada di bawah Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI).

OLIVIA pertama dilaksanakan pada 2016 di sejumlah perguruan tinggi, yaitu Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Halu Oleo, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Dekan Fakultas Vokasi Unhas, Prof Muh, Restu. (Foto: Humas Unhas)

Dekan Fakultas Vokasi Unhas, Prof Muh Restu menjelaskan, pada 2024 ini penyelenggaraan OLIVIA dipercayakan kepada Fakultas Vokasi Unhas.

“OLIVIA ke-9 ini merupakan kontribusi Universitas Hasanuddin untuk meningkatkan daya saing insan vokasi melalui kreativitas dan inovasi,” ujar Prof Restu.

OLIVIA 2024 mengusung tema, “Inspiring the future through empowering innovative human resources and digital-based entrepreneurship’’.

Kegiatan ini tujuan untuk mengumpulkan ide-ide kreatif dan inovatif yang menonjolkan kemampuan sumber daya manusia yang inovatif dan berjiwa kewirausahaan berbasis digital.

Isu utama yang diangkat dalam kegiatan ini adalah inovasi teknologi dan kewirausahaan, yang dianggap penting dalam era digitalisasi saat ini dan dalam menghadapi persaingan pencarian tenaga kerja.

Ketua panitia OLIVIA 2024, Dr Agustina Abdullah menjelaskan, OLIVIA ini untuk meningkatkan daya saing insan vokasi, khususnya mahasiswa dengan menampilkan karya hasil kreativitas dan inovasi mereka.

OLIVIA ke-9 ini mengusung berbagai kegiatan seperti pendidikan, olahraga, seni, sosial, akademik, keagamaan, dan kegiatan lainnya.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi Fakultas Vokasi Unhas yang ingin memberikan manfaat sebanyak mungkin kepada masyarakat Indonesia dan global.

Adapun penerimaan karya akan dimulai pada 18 Maret hingga 31 Mei 2024 melalui website resmi panitia, kemudian dilakukan tahap seleksi atau penjurian pertama.

Peserta yang lolos seleksi akan melanjutkan kompetisi secara offline di kampus Unhas.

Seleksi tahap satu akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2024.

Grand Final & Konferensi Nasional akan berlangsung pada 18 Juli 2024, dan Malam Penganugerahan akan dilaksanakan pada 19 Juli 2024.

“Target kita dari 23 jenis lomba yang dilaksanakan, maka yang akan masuk ke babak grand final berjumlah 165 tim atau kurang lebih total peserta 575 orang,” tandas Agustina. (*/mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *