Menhan Prabowo dan Duta Besar Spanyol Bahas Kerja Sama Dalam Bidang Industri Pertahanan

Berita, Inspirasi175 Dilihat

KABARIKA.ID, JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan (courtesy call) Duta Besar (Dubes) Spanyol untuk Indonesia, H.E. Mr. Francisco de Asís Aguilera Aranda, Jumat (15/03/2024) di kantor Kemhan, Jakarta.

Dalam pertemuan kedua pejabata trsebut, Menhan Prabowo mengemukakan pentingnya kerja sama dalam bidang pertahanan antara Indonesia dan Spanyol.

Menurut Menhan, Spanyol memiliki peran strategis dalam upaya penguatan pertahanan Indonesia.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dengan didampingi staf Kemhan dan TNI, melakukan pembicaraan dengan Duta Besar Spanyol untuk Indonesia, H.E. Mr. Francisco de Asís Aguilera Aranda mengenai kerja sama dalam bidang industri pertahanan dan pengadaan Alutsista, Jumat (15/03/2024) di kantor Kemhan, Jakarta. (Foto: Humas Kemhan)

“Spanyol merupakan mitra yang penting bagi Indonesia dalam bidang pertahanan. Kerja sama dengan Spanyol dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan teknologi pertahanan serta peningkatan kapasitas militer Indonesia, termasuk pertukaran pengetahuan dan pelatihan militer,” ujar Menhan Prabowo, sebagaimana dilansir laman Kemhan RI.

Terkait kerja sama di bidang industri pertahanan dan pengadaan alat utama sistem senjata (Alutsista), Kemhan Spanyol menawarkan kerja sama transfer of technical knowledge untuk sistem komunikasi yang dapat diintegrasikan pada kendaraan tempur Leopard dan Anoa.

Oleh karena itu, pihak Spanyol mengharapkan Kemhan RI dapat memfasilitasi perusahaan Nucleo Duro Defensa dalam memaparkan presentasi terkait hal itu, di lingkungan Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) atau di Direktorat Perhubungan Angkatan Darat (Dithubad).

Selain itu, dalam peningkatkan kerja sama di bidang operasi dan latihan personel serta pemeliharaan Alutsista, Angkatan Darat spanyol memiliki pengalaman dalam mengoperasikan tank Leopard.

Terkait dengan hal tersebut, Kemhan RI dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait penanganan dan perawatan atau pemeliharaan tank Leopard.

Dalam pembicaraan kedua pejabat negara tersebut, Menhan Prabowo memparkan potensi kolaborasi Indonesia dengan Spanyol dalam memperkuat kerja sama bilateral guna meningkatkan kemandirian pertahanan negara. (*/mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *