FKG Unhas Gelar Sosialisasi Strategi Pencegahan dan Penanganan Tindak Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus

Berita, Kabar Unhas200 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan sosialisasi upaya dan strategi Pencegahan dan Penanganan Tindak Kekerasan Seksual di kampus, Senin (18/03/2024) berlangsung di Ruang Molar FKG Unhas, kampus Unhas Tamalanrea, Makassar.

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan FKG Bidang Perencanaan, Sumber Daya, dan Alumni FKG Unhas, Dr. drg. Juni Jekti Nugroho, Sp.KG., Subsp., KE (K).

Dalam sambutannya, Juni menyambut baik kegiatan ini sebagai langkah awal dalam membangun kesadaran dan tindakan nyata dalam menangani tindak kekerasan seksual di kampus.

Tampil sebagai pembicara, Ketua Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Unhas yang juga Wakil Rektor bidang SDM, Alumni dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum.

Prof. Farida dalam presentasinya menjelaskan pentingnya identifikasi dini, pendekatan, dan aksi konkret dalam merespons serta mencegah kekerasan seksual.

Ketua Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Unhas, Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum dan Wakil Dekan FKG Bidang Perencanaan, Sumber Daya, dan Alumni FKG Unhas, Dr. drg. Juni Jekti Nugroho, Sp.KG., Subsp., KE (K) foto bersama dengan para peserta dan panitia sosialisasi upaya dan strategi Pencegahan dan Penanganan Tindak Kekerasan Seksual di kampus, Senin (18/03/2024) berlangsung di Ruang Molar FKG Unhas, kampus Unhas Tamalanrea, Makassar. (Foto: Humas Unhas)

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang tindak kekerasan seksual, termasuk definisi, tanda-tanda, dan konsekuensi yang mungkin terjadi.

Di hadapan para peserta sosialisasi, Prof Farida memberikan pengetahuan tentang cara mencegah dan mengatasi kekerasan seksual, serta sumber daya yang tersedia untuk korban, serta mendorong korban untuk melaporkan insiden kekerasan seksual yang dialaminya dan memberikan informasi tentang prosedur pelaporan yang aman dan rahasia.

Ia menegaskan bahwa mahasiswa, tenaga pendidik serta staf dosen FKG Unhas memiliki peran penting dalam menciptakan budaya yang menghormati dan melindungi hak-hak setiap individu.

“Keberadaan mereka dalam sosialisasi ini menandakan komitmen bersama dalam menciptakan lingkungan kampus yang aman dari kekerasan seksual,” ujar Prof Farida.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh para Wakil Dekan, para Ketua Program Studi, para Ketua Departemen, staf dosen, tenaga kependidikan, serta mahasiswa FKG Unhas. Juga hadir para Satgas PPKS Unhas. (*/mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *