Mentan Apresiasi Kemajuan Pembangunan Sektor Pertanian di Kepulauan Bangka Belitung

Berita251 Dilihat

KABARIKA.ID, JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan) Dr. Andi Amran Sulaiman, MP mengapresiasi pembangunan bidang pertanian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Pembangunan pertanian di bawah kepemimpinan penjabat Gubernur Babel Safrizal berlangsung secara masif.

Untuk mendukung kemajuan tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan sebesar 200 miliar kepeda pemerintah provinsi Babel. Bantuan tersebut meliputi alat mesin pertanian (Alsintan), benih dan sarana pertanian lainnya.

“Alhamdulillah, kabar baik di bulan suci Ramadan. Provinsi Babel mendapat bantuan alat mesin pertanian, benih, dan berbagai sarana prasana pertanian yang besarannya mencapai 200 miliar, sebagaimana disampaikan Bapak Mentan,” ujar penjabat Gubernur Provinsi Babel Safrizal, seperti dilansir RRI, Senin (25/03/2024).

Pemerintah pusat, lanjut Safrizal, mendukung program kemandirian pangan di Babel yang sejalan dengan optimalisasi lahan pertanian.

Untuk mendukung optimalisasi lahan pertanian tersebut, pemerintah Provinsi Babel membangun embung, saluran irigasi tersier, dan memacu pembangunan jalan usaha tani.

“Berbagai program ini sejalan dengan Gerakan Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung (Semarak Babel), yang tidak saja menjadi upaya pengendalian inflasi, tetapi juga menjadi soko guru dalam kebijakan ketahanan pangan di Provinsi Babel,” tandas Safrizal.

Penjabat gubernur Babel itu menegaskan bahwa hal ini penting, mengingat tingginya harga komoditas pertanian di provinsi Babel yang dipengaruhi arus pasokan dari luar pulau.

“Pembangunan pertanian menjadi hal fundamental karena menyangkut hajat hidup rakyat,” kata Safrizal.

Oleh karena itu, ia berharap melalui swasembada ketercukupan kebutuhan pangan di Babel dapat terwujud, serta memberi nilai tambah ekonomis demi kesejahteraan rakyat.

“Saya berharap bantuan Kementan dapat membawa manfaat. Mohon doa agar hal ini terlaksana dengan baik dan lancar,” harap Zafrizal. (*/mr)

#MenteriPertanian

#Swasembada

#KomoditasPangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *