Sepuluh Program Studi di Unhas Paling Diminati Calon Mahasiswa Melalui Jalur SNBP 2024

Berita, Kabar Unhas410 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Terdapat empat jalur penerimaan mahasiswa baru di Universitas Hasanuddin (Unhas). Keempat jalur itu adalah SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), dan Jalur Mandiri.

Hal tersebut dikemukakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof drg. Muhammad Ruslin, M.Kes, Ph.D, Sp.BM(K) pada acara jumpa pers dan buka puasa bersama media, Sabtu (6/04/2024) di innovate room lantai 2, Unhas Hotel & Convention.

Sesuai hasil SNBP 2024 Unhas yang telah diumumkan pada 22-24 Maret 2024 yang lalu, terdapat 10 program studi (Prodi) paling diminati di Unhas pada kelompok Saintek (sains dan teknologi) dan kelompok Soshum (sosial dan hukum).

Jumlah peminat tertinggi lima Prodi dari kelompok Saintek pada jalur SNBP adalah: Pendidikan Dokter (1.165), Kedokteran Hewan (1.007), Psikologi (998), Teknik Sipil (970), dan Teknik Mesin (889).

Sementara pada kelompok Soshum, lima Prodi dengan jumlah peminat terbanyak adalah: Manajemen (1.350), Akuntansi (1.715), Ekonomi Pembangunan (1.548), Ekonomi dan Bisnis Islam (1.457), dan Ilmu Hukum (1.336).

Sejumlah jurnalis menghadiri jumpa pers dan buka puasa bersama media yang dilaksanakan oleh Humas Unhas, Sabtu (6/04/2024) di innovate room lantai 2, Unhas Hotel & Convention. (Foto: M. Ruslan/kabarika)

Prodi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis menjadi fokus minat para calon mahasiswa dari kelompok Soshum.

Termasuk di dalamnya Prodi Ekonomi dan Bisnis Islam sebagai Prodi yang baru dibuka.

Sementara Prodi dari kelompok Saintek yang paling diminati adalah bidang kesehatan, yakni Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Kedokteran Hewan dengan jumlah peminat di atas seribu orang.

Prof. Ruslin menghargai dan menyambut antusiasme yang tinggi dari para calon mahasiswa terhadap berbagai program studi yang ditawarkan Unhas.

“Fakultas Kedokteran masih menjadi favorit pada kategori Saintek dan Ekonomi di Soshum. Kami sangat antusias menyambut para calon mahasiswa kami,” ujar Prof Ruslin saat menjelaskan tentang sistem penerimaan mahasiswa baru di Unhas.

Sebagai imbalannya, Prof Ruslin menegaskan komitmen Unhas untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada mahasiswanya, guna mempersiapkan calon-calon pemimpin masa depan yang memiliki kompetensi dan berdaya saing tinggi di berbagai bidang ilmu.

SNBP 2024 Unhas, kata Prof Ruslin, merupakan momentum penting dalam merekrut calon mahasiswa yang memiliki potensi untuk berkontribusi dalam memajukan negara dan bangsa Indonesia.

Bibit Unggul Jagung Jago

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc menjelaskan tentang bibit unggul Jagung Jago yang merupakan hasil pengembangan oleh ilmuwan Unhas.

Menurut Prof JJ, bibit unggul jagung jago hasil riset Unhas ini telah mendapat sertifikat dari Kementerian Pertanian.

Varietas bibit unggul jagung jago itu diberi nama JJUH 01, JJUH 02, dan JJUH 03.

Tentang penamaan itu, Prof JJ selaku rektor sebenarnya menolak karena tidak ingin terkesan narsis. Namun pembantu rektor tetap ingin menggunakan nama itu, akhirnya rektor pun menerimanya.

Rektor Prof JJ menegaskan bahwa Unhas akan terus melakukan penelitian dan rekayasa untuk melahirkan varietas tanaman maupun unggas yang unggul.

“Dalam waktu dekat Unhas akan meluncurkan varietas ayam unggul. Namanya belum ada. Tunggu waktunya,” ujar Rektor Prof JJ. (rus)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *