Mentan Andi Amran Beberkan Upaya Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia, Saat Menghadiri Halal Bihalal Unhas

Berita, Kabar Unhas254 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Mengawali hari kerja usai libur lebaran Idulfitri 1445 Hijriah, Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar acara halal bihalal, Selasa pagi (16/04/2024), di Ballroom Hotel Unhas, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar.

Halal bihalal sebagai sarana mempererat tali silaturahmi bagi seluruh civitas academica Unhas ini agak istimewa. Sebab, dihadiri oleh Menteri Pertanian (Mentan) yang juga ketua umum PP IKA Unhas, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P.

Pimpinan Unhas yang hadir adalah Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, Ketua Senat Akademik, Ketua MWA Unhas dan para wakil rektor, para dekan, direktur, kepala biro, dan ketua lembaga serta seluruh civitas academica Unhas.

Dalam sambutannya, ketua umum IKA Unhas yang juga Mentan, Andi Amran membeberkan upaya strategis yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mendorong kemajuan Indonesia di sektor pertanian. Salah satunya menjadi lumbung pangan dunia.

Mentan juga memberi ruang yang luas bagi perguruan tinggi untuk berperan dalam penguatan pangan Indonesia.

“Apa yang akan kita lakukan ke depan untuk Indonesia tidak bisa berdiri tegak tanpa dukungan seluruh pihak, termasuk perguruan tinggi. Kita mengharapkan ke depannya Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia,” ujar Andi Amran.

Andi Amran mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan transformasi pembangunan pertanian, dari pertanian tradisional menjadi pertanian modern yang sistematis.

Pertanian modern nantinya, lanjut Mentan, akan memperbaiki penggunaan irigasi modern mikro yang dapat menghemat air dan meningkatkan produktivitas sekaligus beberapa keunggulan lainnya.

Ketua MUI Sulawesi Selatan, Prof Dr. KH Najamuddin Abd Safa, Lc, MA. memberikan tausiyah pada acara halal bihalal Unhas, Selasa pagi (16/04/2024), di Ballroom Hotel Unhas, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar. (Foto: Humas Unhas)

Tausiyah Halal bihalal disampaikan oleh Ketua MUI Sulawesi Selatan, Prof Dr. KH Najamuddin Abd Safa, Lc, MA. Dalam ceramahnya, Prof Najamuddin menyampaikan pesan yang sangat mendalam tentang pentingnya silaturahmi dalam kehidupan.

Ia menekankan bahwa siapa pun yang ingin diberkahi dengan umur panjang dan rezeki yang berlimpah, harus rajin menjalin silaturahmi.

“Bahkan, jika seseorang memiliki tekad untuk memperpanjang umur, maka hendaklah dilakukan dengan sungguh-sungguh,” ujar Prof. Najamuddin.

Halal bihalal yang dilaksanakan Unhas tujuh hari paca lebaran Idulfitri 1445 Hijriah ini, merupakan sarana untuk memperkokoh silaturahmi sekaligus menjadi media saling memberi maaf kepada sesama.

Terbersit harapan yang kuat bahwa melalui kegiatan halal bihalal ini kekompakan antara civitas academica Unhas dapat terjaga. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *