Unhas Tuan Rumah Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi 2024, Rektor: Kita Siap Berkolaborasi untuk Indonesia Maju

Berita, Kabar Unhas45 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) ditunjuk menjadi host pelaksana Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA PT) tahun 2024 oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Pembukaan untuk pelaksanaan tingkat wilayah seluruh Indonesia, berlangsung pada Selasa (23/04/2024) secara Daring melalui zoom meeting.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Rektor Unhas Prof. Dr. Ir Jamaluddin Jompa, M.Sc beserta pimpinan perguruan tinggi seluruh Indonesia, para wakil rektor dan direktur, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I-XVII, Plt Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), tim juri, para pembina kemahasiswaan dan para peserta lomba.

Ketua Pelaksana Dr. Eng Amiruddin, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan ONMIPA PT tahun 2024 ini diikuti 3.887 orang mahasiswa dari 313 perguruan tinggi dan tersebar pada empat bidang studi.

Ketua Pelaksana Dr. Eng Amiruddin, M.Si saat menyampaikan sambutan. (Foto: Humas Unhas)

Peserta untuk bidang studi Fisika sebanyak 813 orang, Kimia 818 orang, Biologi 1.500 orang, dan Matematika 1.200 orang.

Menurut Amiruddin, Unhas sebagai tuan rumah telah mempersiapkan segala sarana yang dibutuhkan selama berlangsungnya tahapan seleksi.

“Unhas sebagai tuan rumah telah mempersiapkan segala sarana dan prasarana dalam rangka seleksi wilayah pada 23-25 April, dan pelaksanaan tingkat nasional pada 12-17 Mei 2024,” ujar Amiruddin.

Sementara itu, Plt Kepala BPTI Dr Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si dalam sambutannya menjelaskan, bahwa ONMIPA PT adalah salah satu program manajemen talenta nasional yang diharapkan bukan sekadar ajang lomba, melainkan juga upaya mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang lebih unggul.

“ONMIPA PT ini kami laksanakan secara berjenjang, mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Selamat berlomba, jadikan ini sarana pengembangan diri dan ajang untuk berkolaborasi,” kata Veronica.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir, Jamaluddin Jompa, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas kesempatan Unhas menjadi tuan rumah penyelenggaraan ONMIPA PT 2024.

Menurutnya, bidang sains menjadi perhatian Unhas dan seluruh lembaga pendidikan dalam rangka memperkuat daya saing mahasiswa.

“Saya berharap ONMIPA setelah 15 tahun penyelenggaraan, menjadi ajang memperkuat kapasitas mahasiswa dalam konsep penguatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM),” tandas Prof JJ, panggilan akrab Rektor Unhas.

Prof JJ menegaskan bahwa Unhas sebagai tuan rumah siap melakukan yang terbaik untuk menyukseskan penyelenggaraan ONMIPA PT 2024.

“Sampai jumpa di Makassar. Kita siap berkolaborasi untuk Indonesia maju,” tegas Prof JJ. (*/mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *