Dies Natalis ke-63 FISIP Unhas: Kembali ke Rumah Sospol

Berita, Kabar Unhas636 Dilihat

KABARIKA,ID, MAKASSAR – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unhas merayakan dies natalis ke-63 yang dirangkaikan dengan reuni akbar lintas generasi, Minggu (12/05/2024) di pelataran FISIP kampus Unhas Tamalanrea Makassar.

Kegiatan perayaan dies natalis diawali dengan jalan sehat keliling kampus yang diikuti civitas academica FISIP, para alumni dari berbagai angkatan serta unsur pimpinan fakultas lingkup Unhas.

Peserta jalan sehat dilepas oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc dengan mengibarkan bendera start.

Rektor Unhas Prof Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc. melepas peserta jalan sehat dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-63 FISIP Unhas, Minggu (12/05/2024) di pelataran FISIP kampus Unhas Tamalanrea, Makassar. (Foto: M. Ruslan/kabaria)

Dies Natalis ke-63 FISIP tahun ini mengangkat tema: “Kembali ke Rumah Sospol”.

Ketua panitia Endang Sari menjelaskan makna tema tersebut dengan mengatakan, kegiatan ini sebagai tempat dan wadah bagi para alumni untuk kembali berkumpul.

“Bahwa FISIP Unhas sebagai tempat kita, wadah kita, dan rumah kita silahkan datang kapan saja,” ujar Endang Sari saat menyampaikan laporan panitia.

Analogi rumah untuk FISIP sebagai tempat berkumpul para alumni dari berbagai angkatan, menunjukkan bahwa FISIP dapat menjadi tempat yang nyaman untuk merekonstruksi ingatan kolektif masa lalu sambil memperkokoh kebersamaan dan persatuan, sebagaimana moto FISIP.

“Kenapa harus rumah, karena rumah adalah tempat paling nyaman untuk pulang dan kembali setelah kita lelah menantang dunia, dan itulah Sospol Unhas yang selalu menantikan alumni-alumninya kembali,” tandas Endang Sari.

Dekan FISIP Unhas Prof Dr. Phil. Sukri, M.Si dalam sambutannya melaporkan kepada Rektor mengenai pembangunan gedung kampus FISIP tahap kedua yang telah rampung.

“Untuk tahap ketiganya kami tinggal menunggu komando Pak Rektor, karena targetnya tahun depan akan digunakan,” ujar Prof Sukri.

Selain itu, Prof Sukri juga mengajak para alumni FISIP untuk terus membantu melalui dana abadi guna membantu mahasiswa yang tidak mampu agar dapat melanjutkan kuliahnya.

“Saat ini sudah ada 15 mahasiswa yang kita beri beasiswa melalui dana abadi,” ujar Prof Sukri.

Sementara itu, ketua umum IKA Unhas yang diwakili Sekjen Prof Dr Yusran Jusuf mengatakan, Sospol telah memberikan warnanya yang luar biasa bagi Unhas.

“Ada dua rektor yang sempat memimpin Unhas yang merupakan alumni Sospol, yakni Prof Dr. Andi Hasan Walinono (1982-1984) dan Prof Dr. Dwia Ariestina Pulubuhu, MA (2014-2022),” ujar Prof Yusran.

Sekjen IKA Unhas, Prof Dr. Yusran Jusuf, M.Si, IPU yang mewakili ketua umum IKA Unhas, menyampaikan sambutan pada puncak perayaan Dies Natalis ke-63 FISIP Unhas, Minggu (12/05/2024) di pelataran FISIP kampus Unhas Tamalanrea, Makassar. (Foto: M. Ruslan/kabaria)

Ia juga menyampaikan bahwa ketua umum IKA Unhas, Dr. Andi Amran Sulaiman, MP yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertanian RI, mengajak partisipasi seluruh alumni dan berbagai pihak, untuk bisa bersama-sama membangun pertanian.

“Target beliau adalah kembali mewujudkan swasembada pangan. Saya kira dalam waktu satu dua tahun ke depan bisa dicapai. Mimpi besarnya adalah Indonesia menjadi lumbung pangan dunia dan itu sudah didesain, dan tentu diharapkan partisipasi teman-teman semua,” kata Sekjen IKA Unhas itu.

Untuk mencapai itu, lanjut Prof Yusran, Menteri Pertanian menggagas pertanian modern, yaitu pertanian yang memanfaatan teknologi dan melibatkan seluruh stakeholders untuk mencapai target tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Ketua IKA FISIP Unhas Andi Fahsar Mahdin Padjalangi dalam sambutannya mengatakan, semua alumni punya potensi untuk mengembangkan dan memajukan FISIP Unhas.

“Kami berharap Fisipol semakin maju dan berkembang sehingga bisa mengantar Unhas lebih maju lagi,” ujar Bupati Bone (2013-2023) itu.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Rektor Unhas Prof Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc. Prof JJ mengapresiasi seluruh rangkaian kegiatan dies natalis ke-63 FISIP tahun ini.

Menurut Rektor, FISIP merupakan salah satu fakultas di Unhas yang diharapkan mampu menyiapkan calon-calon pemimpin masa depan bangsa.

Rektor Unhas Prof Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc. memberikan sambutan pada puncak perayaan Dies Natalis ke-63 FISIP Unhas, Minggu (12/05/2024) di pelataran FISIP kampus Unhas Tamalanrea, Makassar. (Foto: M. Ruslan/kabaria)

“Generasi penerus kita di sini, semoga Sospol mampu menyiapkan calon-calon pemimpin bangsa masa depan,” kata Prof JJ.

Selain itu, Prof JJ juga berharap FISIP dengan beragam jurusan yang ada di dalamnya mampu menghiasi posisi civitas academica Unhas.

“Di sini ada politik, sosiologi dan komunikasi, kami harap Sospol juga menghiasi civitas academica di Unhas,” ujar Rektor.

Puncak peringatan dies natalis ke-63 FISIP dihadiri para alumninya yang telah berkiprah di pemerintahan, dunia politik, pendidikan dan sebagainya. Kehadiran mereka juga dalam rangka reuni akbar.

Bersama…bersatu…berjaya dalam senyum ceria pada puncak perayaan Dies Natalis ke-63 FISIP Unhas, Minggu (12/05/2024) di pelataran FISIP kampus Unhas Tamalanrea, Makassar. (Foto: M. Ruslan/kabaria)

Mereka adalah penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Dr. Mohammad Musa’ad, M.Si, Bupati Maros, H.A.S. Chaidir Syam, S.IP., M.H., Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, penjabat Bupati Buol M.Muchlis, Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, Rektor Unhas periode 2014-2022, Prof Dr Aries Tina Pulubuhu, MA, Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, dan anggota DPRD Sulsel Fauzi Andi Wawo. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *