Unhas Hasilkan 565 Alumni pada Gelaran Wisuda Periode Mei Tahap I

Wisudan Profesi Akuntansi merupakan yang paling singkat masa studinya, yakni 11 bulan.

Berita, Kabar Unhas639 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali melahirkan alumni baru melalui Wisuda Program Sarjana, Vokasi, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi untuk periode Mei tahun akademik 2023/2024, Selasa pagi (28/05/2024) di Baruga A.P. Pettarani Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar. Kegiatan wisuda disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Unhas.

Unsur pimpinan Unhas yang hadir pada wisuda ini adalah Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, Ketua Majelis Wali Amanat Unhas, Prof Andi Alimuddin Unde, para Wakil Rektor dan Sekretaris Universitas, Ketua Senat Akademik beserta jajaran anggota komisi, para Dekan di lingkup Unhas dan orang tua wisudawan masing-masing.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) dalam laporannya mengatakan, wisuda periode Mei 2024 dilaksanakan selama dua hari dengan total wisudawan sebanyak 1.123 orang. Terdiri dari 357 laki-laki (31,79%) dan 766 perempuan (68,21%).

Wisuda hari pertama sebanya 565 orang wisudawan dari delapan fakultas. Pada hari kedua yang dilaksanakan pada Rabu (29/05/2024), diikuti 558 wisudawan dari delapan fakultas.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K). (Foto: Humas Unhas)

Pada bagian lain sambutannya, Prof Ruslin mengemukakan bahwa program monitoring dan evaluasi (Monev) penyelesaian studi bagi mahasiswa yang tidak selesai tepat waktu, telah memasuki tahun ke-2.

Saat ini, lanjut Prof Ruslin, jumlah tersebut telah turun menjadi 6.692 mahasiswa atau turun 45,01% berkat keterlibatan pimpinan perguruan tinggi atau fakultas dan tenaga kependidikan.

Kegiatan Monev yang dilakukan secara berkala diharapkan dapat semakin meningkatkan persentase kelulusan mahasiswa tepat waktu.

“Saat ini fakultas yang memiliki persentase tertinggi dalam hal jumlah mahasiswa yang selesai tepat waktu adalah Fakultas Kedokteran Gigi sebesar 53,98%, disusul dengan Fakultas Teknik sebesar 34,71% dan Fakultas Kedokteran sebesar 26,92%,” ujar Prof Ruslin.

Selain itu, lanjut Prof Ruslin, Unhas juga menyelaraskan kurikulum di semua jenjang pendidikan untuk mengurangi masa studi mahasiswa, dan menetapkan batas waktu maksimal untuk menyelesaikan studi.

Prof Ruslin menambahkan, kegiatan non-akademik juga memegang peranan penting bagi mahasiswa karena membantu pertumbuhan dan perkembangan secara keseluruhan.

Para mahasiswa Unhas didorong untuk berpartisipasi dalam program yang berfokus pada pengembangan karakter, pembinaan prestasi, dan bimbingan dalam bidang olahraga, seni, dan pemikiran kritis.

Pada tahun 2024, hanya dalam waktu satu bulan, sebanyak 155 mahasiswa telah memenangkan 96 medali di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional.

Untuk memastikan kualitas lulusan Unhas adalah yang terbaik, saat ini Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Unhas berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia yang siap bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Pada tahun 2023, LSP Unhas memiliki 27 asesor terverifikasi, dan pada 2024 bertambah menjadi 51 asesor.

Selain itu, LSP Unhas juga memiliki 29 skema terverifikasi, dengan lima skema terverifikasi pada 2023 dan 24 skema pada awal 2024.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga, serta penghargaan kepada seluruh wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di Unhas.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. memimpin jalannya wisuda tahap I. (Foto: Humas Unhas)

Ia berharap, para wisudawan Unhas bisa memberikan kontribusi terbaik dan membuat perubahan positif kepada masyarakat sesuai bidang keilmuan masing-masing.

“Keberhasilan dan pencapaian ini merupakan awal bagi para wisudawan untuk menuju gerbang mencapai cita-cita yang diinginkan,” ujar Rektor yang akrab disapa Prof JJ.

Secara berkelanjutan, lanjut Rektor, Unhas terus mendorong percepatan studi, bukan hanya mengejar kuantitas melainkan juga kualitas.

“Pembelajaran di Unhas dapat membentuk wisudawan menjadi lebih kuat dan bijaksana serta berperan baik dalam kehidupan masyarakat,” tandas Prof JJ.

Kepada para wisudawan dan orang tua mereka, Prof JJ juga memaparkan gambaran tentang capaian Unhas sebagai perguruan tinggi, salah satunya adalah capaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

Prof JJ menjelaskan secara singkat mengenai mekanisme UKT kepada para wisudawan. Saat ini, Unhas berhasil mempertahankan posisi ke-4 dalam capaian kinerja tersebut.

Jumlah IPK dan Masa Studi

Jumlah wisudawan pada periode Mei 2024 menurut jenjang pendidikan, terdiri dari program Sarjana 612 orang, program Spesialis 144 orang, program sub-Spesialis 3 orang, program Diploma 14 orang, program Profesi 272 orang, program Magister 150 orang, dan program Doktor 28 orang.

Untuk rata-rata jumlah IPK dan lama studi para wisudawan adalah sebagai berikut:

1. Program Sarjana
– Eksakta: IPK 3,90 dengan masa studi 3 tahun dan 7 bulan.
– Non-Eksakta: IPK 3,99 dengan masa studi 3 tahun dan 7 bulan.

2. Program Diploma
– Diploma III: IPK 3,62 dengan masa studi 3 tahun dan 4 bulan.

3. Program Profesi
– Profesi Akuntansi: IPK 3,94 dengan masa studi 11 bulan,
– Profesi Dokter: IPK 3,86 dengan masa studi 1 tahun dan 8 bulan,
– Profesi Apoteker: IPK 3,99 masa studi 1 tahun dan 0 bulan,
– Profesi Ners: IPK 4,00 dengan masa studi 1 tahun dan 2 bulan.

4. Program Spesialis
– Sp-1. Neurologi : IPK 3,93 dengan masa studi 3 tahun dan 8 bulan,
– Sp-1. Bedah Mulut dan Maksilofasial: IPK 3,94 dengan masa studi 4 tahun dan 3 bulan,
– Sp-2. Anestesiologi dan Terapi: IPK 3,99 dengan masa studi 3 tahun dan 4 bulan.

5. Program Magister: IPK 4,00 dengan masa studi 1 tahun dan 2 bulan.
6. Program Doktoral: IPK 4,00 dengan masa studi 2 tahun dan 3 bulan.

Wisudawan Program Sarjana, Vokasi, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi dari delapan fakultas di Unhas. (Foto: Humas Unhas)

Jumlah Wisudawan Menurut Fakultas

Jumlah wisudawan pada Tahap I, sebanyak 565 orang yang berasal dari delapan fakultas. Berikut rinciannya (menurut jumlah wisudawan):

1. Fakultas Keperawatan: 115 orang,
2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: 102 orang,
3. Fakultas Teknik: 100 orang,
4. Fakultas Kedokteran: 85 orang,
5. Fakultas Ilmu Kelautan Perikanan: 76 orang,
6. Fakultas Hukum: 57 orang,
7. Fakultas Kehutanan: 19 orang, dan
8. Fakultas Kedokteran Gigi: 11 orang. (*/mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *