Dukung Keberlanjutan Program PAIR Sulawesi, Unhas Teken MoU dengan Enam Perguruan Tinggi

Berita, Kabar Unhas150 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin (Unhas) menjalin kerja sama dengan enam perguruan tinggi guna mendukung keberlanjutan kolaborasi penelitian Indonesia dan Australia melalui PAIR Sulawesi.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani bersama, Rabu (5/06/2024) di sela-sela peluncuran PAIR Sulawesi di AIC Lab, Gedung Ex Dekanat Fakultas Teknik, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar.

PAIR (Partnership for Australia-Indonesia Research) adalah inisiatif AIC (Australia Indonesia Centre ) yang didukung oleh Pemerintah Australia, Pemerintah Indonesia dan 11 universitas terkemuka, guna memajukan keterhubungan riset di antara kedua negara, sekaligus meningkatkan dampak riset.

Adapun enam perguruan tinggi yang terlibat adalah Universitas Tadulako (Untad), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Universitas Haluoleo (Unhalu), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), dan Universitas Mulawarman (Unmul).

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc menandatangani nasah MoU dan disaksikan oleh perwakilan perguruan tinggi yang lain. (Foto: Humas Unhas)

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk mendorong sinergi antara perguruan tinggi.

Melalui kerja sama ini, diharapkan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan di Sulawesi, termasuk Kalimantan sebagai Ibukota Negara baru.

“Kami percaya bahwa melalui kolaborasi, kita dapat mencapai lebih banyak hal. Penelitian dan inovasi adalah pilar utama untuk pembangunan yang berkelanjutan, semakin banyak peneliti yang akan terlibat dan tentunya ini akan semakin memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat secara meluas,” ujar Rektor Prof JJ.

Dengan adanya MoU ini, lanjut Prof. JJ diharapkan tercipta iklim penelitian yang kondusif di Sulawesi. Hal ini akan sangat mendukung upaya perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang dilakukan.

Penandatanganan MoU antara Unhas dan enam perguruan tinggi ini menandai langkah awal yang penting dalam memperkuat kerja sama akademik di wilayah tersebut.

Dengan komitmen yang kuat dari semua pihak yang terlibat, diharapkan program PAIR Sulawesi dapat berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat.

PAIR Sulawesi merupakan inisiatif AIC, yaitu konsorsium universitas riset terkemuka di kedua negara.

PAIR Sulawesi dibangun berdasarkan misi AIC untuk memajukan hubungan antar- masyarakat dalam ilmu pengetahuan, teknologi, pendidikan, inovasi, dan budaya.

Badan utama AIC adalah Monash University, sedangkan anchor institusi PAIR Sulawesi adalah Unhas. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *