Besok! Menhan RI Prabowo Subianto Hadiri Konferensi Tanggap Darurat Gaza di Yordania

Berita, Inspirasi133 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR — Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dijadwalkan menghadiri Konferensi Tanggap Darurat Gaza bertajuk,“Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza”, di Yordania pada Selasa (11/06/2024).
Prabowo menghadir Konferensi Tanggap Darurat Gaza itu mewakili Presiden Joko Widodo.

Prabowo datang atas undangan President of the Arab Republic of Egypt H.E. Mr. Abdel Fattah El Sisi. Kemudian ada pula undangan dari  King of the Hashemite Kingdom of Jordan H.E. Mr. Abdullah II ibn Al Hussein.

“Juga ada undangan dari Sekjen PBB Mr. Antonio Guterres kepada Presiden RI Joko Widodo yang dikirim pada tanggal 30 Mei 2024 lalu. Karena Konferensi ini diselenggarakan bersama oleh Kerajaan Hasyimiyah Yordania, Republik Arab Mesir, dan PBB pada Selasa, 11 Juni di Yordania,”  kata Karo Humas Setjen Kemhan, Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Menurut Edwin, konferensi ini diselenggarakan berkaitan dengan banyaknya seruan gencatan senjata di Gaza.

Para kepala negara dapat mengidentifikasi cara-cara untuk memperkuat tanggapan komunitas internasional terhadap bencana kemanusiaan yang sedang berlangsung.

“Dengan kehadiran perwakilan dari Pemerintah Indonesia dalam konferensi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya bersama mengatasi krisis kemanusiaan di Gaza,” kata Edwin.

Warga Palestina memeriksa kerusakan dan puing-puing sehari setelah operasi Pasukan Khusus Israel di kamp Nuseirat, di Jalur Gaza tengah, Minggu (9/06/2024). Sedikitnya 274 warga Palestina tewas dan seitar 400 orang luka-luka dalam operasi pembebasan empat sandera Israel yang ditahan Hamas, seperti dilaporkan Khalil Degran, juru bicara RS Al Aqsa Martyrs. Bencana kemanusiaan di Palestina akibat genosida Israel, perlu kerja sama internasional untuk menghentikannya. (Foto: voa)

Sebelumnya, Prabowo mengungkapkan kalau dirinya diutus Jokowi untuk menghadiri KTT guna membahas kondisi terkini di Jalur Gaza, Palestina.

“Kemudian ditugaskan saya untuk berangkat ke Yordania menghadiri KTT masalah Gaza dan beliau juga instruksi kepada saya untuk berusaha mampir dulu di Arab Saudi,” kata Prabowo seusai bertemu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis lalu. (*/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *