IKA Unhas Kalbar Gelar “IKA Unhas On the Spot”, Libatkan 25 Kelompok Budaya Masyarakat Sulsel

Berita, Kabar Alumni378 Dilihat

KABARIKA.ID, PONTIANAK — Pengurus IKA Unhas Kalbar terus mengayuh bahtera organisasi melalui berbagai kegiatan bermakna bagi anggota IKA maupun untuk masyarakat, khususnya masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) yang ada di Kalimantan Barat (Kalbar).

Mengakhiri bulan Juni, IKA Unhas Kalbar kembali menggelar kegiatan bertajuk “IKA Unhas Kalbar On the Spot”, Sabtu (29/06/2024) di Jowin Coffee yang juga menjadi sekretariat IKA Unhas Kalbar, jalan Perdana No. 999 Pontianak.

Jowin Coffee ini merupakan tempat usaha bisnis milik salah seorang pengurus IIKA Unhas Kalbar.

Dipilihnya tempat usaha ini sebagai lokasi kegiatan “IKA Unhas Kalbar On the Spot” kali ini, akan memberikan dampak positif bagi tempat usaha tersebut, serta bagi masyarakat yang hadir maupun undangan.

Ketua IKA Unhas Kalbar, Dr. H.M. Toasin Asha, M.Si dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan mengatakan, ini adalah momen yang sangat istimewa untuk berkumpul, tidak hanya bagi alumni Unhas, tetapi juga bagi komunitas besar warga Sulsel yang ada di Kalbar.

“Ini adalah kesempatan bagi kita untuk saling berbagi, bekerja sama, dan berkontribusi untuk kemajuan bersama, khususnya di Kalimantan Barat,” ujar Toasin.

Pengurus IKA Unhas Kalbar saling bertukar gagasan dalam sesi diskusi pada acara “IKA Unhas Kalbar On the Spot”, Sabtu (29/06/2024) di Jowin Coffee yang juga menjadi sekretariat IKA Unhas Kalbar, jalan Perdana No. 999 Pontianak. Dari kiri ke kanan: Andi Khairil, Surya Widiyananta, Dr. H.M. Toasin Asha, dan Hj. Wina Handayani. (Foto: Dok. IKA Kalbar)

Kegiatan ini mengangkat tema, “Merajut Kolaborasi Bersama IKA Unhas dan Warga Sulawesi Selatan di Kalimantan Barat.”

Menurut Toasin, tema ini mengandung makna yang mendalam karena kolaborasi adalah kunci dari segala keberhasilan.

“Dengan bekerja sama, kita bisa mengatasi berbagai tantangan yang ada, baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, maupun sosial budaya, khususnya di Kalimantan Barat,” tandas Toasin.

Dengan semangat gotong royong yang telah menjadi bagian dari budaya kita, lanjut Toasin, maka kita bisa mewujudkan berbagai program yang bermanfaat.

“Misalnya, program beasiswa bagi anak-anak berprestasi, pelatihan keterampilan bagi masyarakat, layanan kesehatan gratis, dan berbagai kegiatan budaya yang mempererat tali silaturahmi di antara kita,” kata Toasin.

Demi memeriahkan dan menyukseskan setiap kegiatan yang dilaksanakan, Toasin mengajak seluruh anggota IKA Unhas Kalbar agar terlibat aktif.

“Saya juga mengajak seluruh alumni Unhas untuk selalu berperan aktif dalam setiap kegiatan yang kita rencanakan. Kontribusi kita, sekecil apapun, akan sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Mari kita tunjukkan bahwa alumni Unhas tidak hanya sukses secara individu, tetapi juga peduli dan berkontribusi bagi masyarakat,” ujar Toasin.

Kegiatan “IKA Unhas Kalbar On the Spot” diisi kegiatan diskusi dengan membicarakan isu-isu yang sedang viral berkaitan dengan dinamika sosial saat ini, dan tentu saja mengenai rencana dan strategi pengembangan program kerja dari masing-masing bidang dalam IKA Unhas Kalbar maupun komunitas yang diundang.

Pengurus dan anggota IKA Unhas Kalbar, hadirin dan undangan berfoto bersama usai penutupan kegiatan “IKA Unhas Kalbar On the Spot”, Sabtu (29/06/2024) di Jowin Coffee yang juga menjadi sekretariat IKA Unhas Kalbar, jalan Perdana No. 999 Pontianak. (Foto: Dok. IKA Kalbar)

Sekretaris IKA Unhas wilayah Kalbar, Surya Widiyananta mengatakan, dalam pelaksanaan “IKA Unhas Kalbar On the Spot” kali ini, IKA Kalbar mengundang 25 komunitas atau kelompok budaya masyarakat Sulsel yang ada di Kalbar.

“Untuk kegiatan ‘IKA Unhas Kalbar On the Spot’ kali ini, IKA Unhas Kalbar mengundang sekitar 25 entitas paguyuban, kelompok adat budaya Sulawesi Selatan yang ada di Kalimantan Barat dengan total peserta sekitar 100 orang,” ujar Surya.

Target utama dari kegiatan “IKA Unhas Kalbar On the Spot”, lanjut Surya, adalah terbangunnya kolaborasi lintas komunitas yang beragam keterampilan dan karakter untuk sama-sama mengembangkan potensi dan usaha yang digeluti masing-masing.

Oleh karena itu, telah disepakati pada kegiatan “IKA Unhas Kalbar On the Spot” setiap bulannya, akan berkunjung dan melakukan niaga di lokasi usaha dari masing-masing komunitas.

“Dan tentunya akan menjadi ruang untuk mempromosikan produk, bersilaturahmi dan bersinergi serta saling mengisi sesuai kemampuan masing-masing kelompok masyarakat Sulsel yang ada di Kalimantan Barat,” kata Surya.

“IKA Unhas Kalbar On the Spot” merupakan sebuah gerakan ekonomi masyarakat, langsung di lokasi kegiatan ekonomi atau tempat usaha.

Gerakan aksi yang dilakukan di tempat aktivitas ekonomi, khususnya untuk kelompok masyarakat menengah ke bawah ini, merupakan wujud keterlibatan aktif IKA Unhas Kalbar dalam memajukan perekonomian di suatu lokasi usaha tertentu.

Gerakan ini mewadahi komunikasi dalam bentuk dua arah, yakni antara penjual dan pembeli dengan mengutamakan menikmati (membeli) produk, serta melakukan sharing produk dan konsep berjualan tanpa mengabaikan azas manfaat ekonomi dan profit bagi pelaku usaha tempat berlangsungnya kegiatan “IKA Unhas Kalbar On the Spot”. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *