6 Makanan Stabilkan Darah Tinggi untuk Penderita Hipertensi

KABARIKA.ID, JAKARTA — Darah tinggi biasa juga disebut hipertensi, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang membahayakan nyawa jika terus dibiarkan.

Darah tinggi bisa menyebabkan peningkatan terjadinya penyakit jantung, stroke, hingga kematian.

Darah tinggi bisa terjadi pada seseorang apabila terlalu banyak darah yang dipompa oleh jantung dan akibat sempitnya pembuluh darah pada arteri.

Darah tinggi bisa terjadi kepada siapapun, namun seseorang yang memiliki usia yang lebih tua memiliki kemungkinan lebih besar mengalami darah tinggi.

Berikut 6 makanan yang bisa membantu menstabilkan darah tinggi.

1. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu makanan yang dipercaya bisa menurunkan darah tinggi.

Cara mengonsumsinya yaitu dimakan mentah dan harus digeprek atau dicacah terlebih dahulu lalu diamkan kurang lebih lima menit di udara bebas serta jangan dimasak atau digoreng lalu dimakan, bawang putih harus dimakan mentah.

2. Belimbing

Kandungan kalium dan potasiun pada buah belimbing sangat bermanfaat untuk menstabilkan darah tinggi.

Bisa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus dan bisa juga lansung dimakan.

3. Buah kiwi

Buah kiwi ada dua macam yaitu kiwi hijau dan kiwi kuning yang mempunyai khasiat yang sama yaitu dapat menurunkan darah tinggi.

Namun kiwi kuning lebih banyak mengandung gula jadi bagi penderita kencing manis lebih baik mengonsumsi kiwi hijau dan mengurangi mengonsumsi buah kiwi kuning.

4. Buah berry

Strawberry, blueberry, blackberry adalah buah yang mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menekan atau menurunkan darah tinggi namun tidak boleh ada campuran atau diolah, dimasak misalnya dijadikan selai lalu dikonsumsi itu tidak bisa menurunkan berat badan, jadi harus dimakan mentah atau secara langsung.

5. Mentimun
Buah timun mengandung magnesium dan potasium yang bermanfaat untuk melebarkan saluran darah agar tidak menyempit sehingga tidak terjadi penyumbatan dan dapat melancarkan peredaran darah.

Buah timun harus dikonsumsi secara mentah.

6. Ikan laut

Semua jenis ikan laut bagus dikonsumsi oleh penderita darah tinggi karena ikan laut mengandung Omega 3, EPH, Kalium yang bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi.

Tapi harus dikonsumsi dengan cara dikukus dan hindari mengonsumsi ikan yang digoreng dan dibakar serta ikan yang terlalu banyak bumbu.

Misalnya terlalu banyak garam, lada, cabai itu tidak dianjurkan.

Apalagi ikan asin karena asin atau garam dapat menghisap air yang ada ditubuh kita dan mengakibatkan tekanan darah akan naik.

Ikan yang bisa dikonsumsi secara mentah seperti salmon, sashimi lebih bagus khasiatnya daripada yang sudah matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *