Cegah Terjadinya Kecurangan pada UTBK SNBT Tahap II, Panitia Gunakan Wi-Fi Detektor

Berita, Kabar Unhas718 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) Tahun 2023 tahap kedua, digelar mulai Senin-Kamis (22-25/05/2023). Seleksi UTBK SNBT tahap I telah berlangsung pada Senin-Minggu (8-14/05/2023).

Pelaksanaan tes tahap kedua ini terbilang ketat, soalnya panitia menggunakan Wi-Fi detektor secara berkala dalam ruangan ujian untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya jaringan lain yang digunakan di dalam ruangan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslim, Ph.D mengatakan, Wi-Fi detektor ini mulai digunakan di SNBT tahap II ini.

“Ini langkah-langkah antisipasi saja untuk menghindari terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan UTBK-SNBT ini. Jadi selain detektor logam, pengawas juga dilengkapi Wi-Fi detektor, “ ujar Prof Ruslim di kampus Unhas Tamalanrea, Selasa (23/05/2023).

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., beserta jajaran dan Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto, DESS., DEA., IPU., ASEAN Eng, meninjau beberapa lokasi tes di Kampus Unhas Tamalanrea dan Kampus Unhas Gowa.

Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan UTBK SNBT di lingkup kampus Unhas, Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., beserta jajaran dan Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB, Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto, DESS., DEA., IPU., ASEAN Eng, meninjau beberapa lokasi tes di Kampus Unhas Tamalanrea dan Kampus Unhas Gowa, Selasa, kemarin.

Prof JJ menjelaskan kepada tim Monev SNPMB, bahwa tahap awal pelaksanaan UTBK di Unhas berlansung baik tanpa kendala.

Rektor menambahkan, pihak Unhas telah melakukan beberapa langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kecurangan selama proses seleksi berlangsung.

Sementara itu, Prof. Budi memberikan apresiasi atas upaya strategis yang dilakukan Unhas dalam mendorong keberhasilan pelaksanaan UTBK SNBT. Selama proses peninjauan, tidak ditemukan kendala yang bisa menggangu kelancaran pelaksanaan Ujian.

“Pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 di Unhas sudah sangat bagus dan sesuai prosedur. Hal ini karena kami melihat sejauh ini tidak ditemukan masalah yang bisa mengganggu kelancaran ujian,” jelas Prof. Budi.

Pelaksanaan UTBK SNBT di Unhas berlangsung di dua lokasi berbeda, yakni Kampus Unhas Tamalanrea dan Kampus Unhas Gowa dengan total 40 ruangan untuk 16 lokasi ujian. Adapun total jumlah peserta UTBK di Unhas sebanyak 20.687.

Jumlah peserta UTBK SNBT tahap II di hari pertama sebanyak 96.39 persen. Artinya hampir dari seluruh peserta yang melakukan ujian di Unhas hadir pada pelaksanaan UTBK. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *